Aktifitas BPBD
Kegiatan Pemantapan/Pembekalan Sistem Manajemen Peralatan Penanggulangan Bencana di Jawa Tengah Tahun 2016
Kegiatan - Peralatan
Written by Rachmad   
Tuesday, 19 April 2016 08:18

 

BPBD Provinsi Jawa Tengah telah melakukan kegiatan Pemantapan/Pembekalan Sistem Manajemen Peralatan PB di Jawa Tengah Tahun 2016 yang telah dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis, 12-14 April 2016 di Hotel Lor in, Jalan Adi Sucipto No. 47, Surakarta. Tujuan Pelaksanaan Kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan peralatan penanggulangan bencana di Jawa Tengah melalui pengoperasian dan pemeliharaan peralatan yang baik dan benar serta meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia yang bertugas mengoperasikan dan memelihara peralatan penanggulangan bencana di daerah.

Peserta kegiatan ini sejumlah 35 orang dari 33 BPBD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah yang telah terbentuk melalui Perda dan 2 orang peninjau dari BPBD Provinsi Jawa Timur.  Instruktur dan Materi Pembekalan kegiatan ini terdiri dari : Direktorat Peralatan BNPB : ”Pengoperasian dan Pemeliharaan  Tenda Pengungsi dan Water Treatment Portable”, Tagana Dinas Sosial Prov. Jateng : “Pengoperasian dan Pemeliharaan Dapur Umum Lapangan”, Bapak Rudi dan Bapak Yanto (BPBD Provinsi Jawa Tengah) : “Pengenalan dan Praktek Water Rescue”. Untuk kegiatan pembekalan Water Rescue dilaksanakan di Waduk Tirtomarto, Delingan Kabupaten Karanganyar sedangkan untuk kegiatan pembekalan dan pengoperasian Dapur umum Lapangan, Water Treatment Portable dan Tenda Pengungsi dilaksanakan di halaman Parkir Hotel Lor In Surakarta dan untuk pembekalan pemeliharaan peralatan PB dan evaluasi kegiatan dilaksanakan pada malam hari di Ruang Jolonidi Hotel Lor in Surakarta.

Hasil dari kediatan tersebut adalah Direktur Peralatan BNPB sangat mengapresiasi pelaksanaan Kegiatan Pemantapan/Pembekalan Sistem Manajemen Peralatan PB di Jawa Tengah ini karena baru BPBD provinsi Jawa Tengah yang dapat melaksanakan secara mandiri melalui APBD Provinsi Jawa Tengah, Seluruh peserta menyatakan bahwa kegiatan Pemantapan/Pembekalan Sistem Manajemen Peralatan PB di Jawa Tengah ini sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi BPBD Kabupaten/Kota, Kegiatan Pemantapan/Pembekalan ini agar dapat dilanjutkan dengan jenis peralatan yang berbeda mengingat masih banyak jenis peralatan PB yang belum bisa digunakan secara optimal oleh BPBD Kabupaten/Kota. BPBD Provinsi Jawa Tengah akan menyampaikan surat edaran kepada BPBD Kabupaten/Kota tentang optimalisasi penggunaan peralatan penanggulangan bencana khususnya bantuan dari BNPB sehingga tidak rusak karena hanya disimpan di gudang.

Last Updated on Tuesday, 19 April 2016 08:22
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Lokasi Posko Lebaran 2017

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi