Aktifitas BPBD
Jateng Terima Penghargaan ICITAP PDF Print E-mail
Kegiatan - Liputan Media
Monday, 17 January 2011 16:55

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jateng memperoleh Penghargaan International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) untuk Indonesia atas penggunaan Standar Sistem Manajemen Keadaan Darurat (SSMKD) saat penanggulangan bencana letusan Gunung Merapi 2010.

Penghargaan ICITAP diserahkan Direktur ICITAP Indonesia Gerald H Heueet kepada Sekda Jateng Hadi Prabowo, di aula lantai 2 Kantor Gubernur Jateng, baru-baru ini. Hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Jarot Nugroho beserta anggota Tim Pengarah BPBD Jateng Drs Sri Mulyadi MM, Ir M Edi Waluyo, Emmy Rochayati SH, Herman Suryosardjono SH, dan Budiharjo SH.

Gerald memuji tindakan penanganan Pemerintah Provinsi saat tanggap darurat bencana erupsi Merapi. Ia menjelaskan, sebelum bencana Merapi, ICITAP telah men-training sistem tanggap darurat bencana di Indonesia, salah satunya di Jateng. Setelah beberapa waktu dilaksanakan pelatihan, terjadi bencana erupsi Gunung Merapi.

”Kami melihat tindakan Pemprov Jateng sangat sesuai standar internasional, efektif serta cepat, dan kami belum pernah melihat tindakan seperti itu di daerah lain di Indonesia. Dari penilaian yang dilakukan terhadap standar pelayanan terhadap masyarakat, utamanya korban bencana, Pemprov dinilai layak mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini merupakan kali pertama di Indonesia,” tuturnya.

Penanggulangan

Dalam kesempatan itu, Hadi Prabowo menjelaskan, penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan suatu siklus secara menyeluruh mulai kondisi prabencana, saat bencana, dan pascabencana. Beberapa hal yang masih menjadi pekerjaan rumah Jateng, adalah sejak berlakunya UU 24/2007, paradigma penanggulangan bencana telah mengalami perubahan dari tanggap darurat ke pengurangan risiko bencana. Fokus utama paradigma pengurangan risiko bencana adalah saat prabencana.

”BPBD Jateng merupakan BPBD pertama di Indonesia. Badan ini bekerjasama dengan ICITAP Indonesia telah memfasilitasi pelatihan SSMKD tahun 2010. Di Jateng, telah terbentuk 28 BPBD kabupaten/kota, sehingga Pemprov masih perlu mendorong 7 daerah lagi agar membentuk BPBD daerah,” jelasnya. (H30,H23-79)

Suara Merdeka, 17 Januari 2011

 

 

Last Updated on Sunday, 20 February 2011 10:47
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi