BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
Pemkab Diimbau Identifikasi Seluruh Desa PDF Print E-mail
Kegiatan - Liputan Media
Thursday, 30 June 2011 05:33

KUDUS - Memasuki musim kemarau masing - masing pemerintah daerah diimbau untuk memulai mengindentifikasi desa di sejumlah wilayah Jawa Tengah. Baik di kabupaten/kota terkait  potensi kekeringan yang sewaktu - waktu melanda. Terutama penyediaan air bersih untuk kebutuhan hidup.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana saat memantau kondisi wilayah di Kudus, kemarin menjelaskan, di  Jawa Tengah beberapa wilayah kabupaten masih berpotensi kekeringan. Bahkan sebagian sudah masuk dalam laporan.

"Di antaranya Wonogiri, Cilacap, Blora, Rembang dan Blora, sedangkan untuk Kudus masih relatif aman," katanya.

Mengenai bentuk antisipasi yang sudah dilaksanakan terkait dengan pemenuhan kebutuhan air bersih, Sarwa menjelaskan, salah satu contohnya yang terjadi di wilayah Blora yang kini diantisipasi dengan membuat sejumlah sumur -  sumur di beberapa wilayah desa yang terancam kekeringan dan hal ini sudah teratasi dengan baik. "Sehingga kebutuhan air bersih bisa tercukupi," katanya.

Sedangkan Kudus meskipun aman namun hal tersebut perlu dilakukan pemantauan, untuk melihat di wilyah mana saja yang sumber airnya mulai berkurang.

"Hal ini mutlak dilakukan, sehingga persoalan kekeringan bisa teratasi dan jangan sampai berlarut," terangnya.

Droping Air

Mengenai benuk antisipasinya tentunya tetap dilakukan pengedropan air bersih untuk didistribusikan ke wilayah yang mengalami kekeringan.

"Hal tersebut tentunya juga dilakukan pada masing - masing wilayah yang membutuhkan air bersih dan tentunya difasilitasi oleh pemerintah setempat," jelasnya.

Mengenai armada pengedropan air, Sarwa menjelaskan, untuk  Jateng ada dua armada dan badan koordinasi wilayah ada enam. (J18-42)

Suara Merdeka, 30 Juni 2011

 

 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi