Aktifitas BPBD
Rapat Koordinasi Logistik dan Peralatan Bencana Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014
Logistik & Peralatan
Written by Rachmad   

Rapat Koordinasi Logistik dan Peralatan Bencana Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Logistik dan Peralatan Bencana, Rapat Koordinasi Logistik dan Peralatan Bencana Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014, telah dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Mei 2014 di Ruang Pertemuan Bakorwil II Provinsi Jawa Tengah, Jalan Slamet Riyadi No. 1, Surakarta.

Tujuan Pelaksanaan Rakor adalah untuk memetakan dan mensinkronisasikan potensi sumber daya logistik dan peralatan penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat sehingga penanganan bencana dapat dilaksanakan secara terkoordinasi, terintegrasi dan terpadu. Dengan sasaran pelaksanaan rakor yang menjadi sasaran pelaksanaan rakor adalah BPBD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah yang telah terbentuk melalui Perda dan SKPD Provinsi terkait.

Narasumber dan materi rakor diantaranya Direktur Peralatan BNPB (Ir. Siti Noerhayati, MM): ”Strategi dan Kebijakan Logistik dan Peralatan Bencana Tahun 2014”, Staf Khusus Gubernur(Bpk. Bagus Wisnu Handoyo): “Pemberdayaan Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana di Jawa Tengah”, Kabid Logistik dan Peralatan BPBD Prov. Jateng (Putu Adhi Sutrisna, SH): ”Pemetaan Ketersediaan dan Kebutuhan Peralatan Bencana Provinsi Jawa Tengah”, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Jepara (Lulus Suprayetno, SH, MH): ”Implementasi Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana di Kabupaten Jepara”.

Hal-hal strategis antara lain kebijakan logistik dan peralatan BNPB Tahun 2014 adalah Koordinasi Ketersediaan Pemenuhan Logistik dan Peralatan, Penyusunan Pedoman Logistik dan Peralatan, Pengadaan Logistik dan Peralatan, Distribusi Logistik dan Peralatan, Monitoring dan Evaluasi Logistik dan Peralatan.

Pengerahan Logistik dan Peralatan harus tepat waktu, tepat mutu, tepat jumlah dan tepat sasaran, logistik dan Peralatan bukan segala-galanya, tetapi tanpa logistik dan peralatan, sistem Penanggulangan Bencana sulit untuk diwujudkan, Provinsi Jawa Tengah, dalam kebijakan logistik dan peralatan bencana telah menerapkan kebijakan melalui pendekatan wilayah dengan mengedepankan kearifan lokal dan gotong royong, Kabupaten Jepara telah mengimplementasikan sistem pengelolaan logistik dan peralatan bencana walaupun dengan sumberdaya yang terbatas.

Penilaian Kebutuhan  dan Kebijakan Logistik dan Peralatan Bencana Provinsi Jawa Tengah, Pemetaan Ketersediaan Logistik dan Peralatan Penanggulangan Bencana bertujuan untuk mengetahui potensi dan sumberdaya logistik dan peralatan penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten/Kota, mengetahui gap/ketimpangan ketersediaan logistik dan peralatan penanggulangan bencana di setiap Kabupaten/Kota, mempercepat pergerakan/distribusi logistik dan peralatan pada saat terjadi bencana, sebagai seleksi kebutuhan logistik dan peralatan penanggulangan bencana tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebagai dasar pemgajuan anggaran pengadaan logistik dan peralatan PB (BNPB, BPBD Prov dan BPBD Kab/Kota).

 

Kebijakan Logistik dan Peralatan Provinsi Jawa Tengah antara lain dalam hal penguatan kelembagaan BPBD Kabupaten/Kota, BPBD Provinsi melakukan fasilitasi pengambilan/distribusi bantuan peralatan penanggulangan bencana dari BNPB kepada BPBD Kabupaten/Kota, dalam hal siaga darurat, BPBD Provinsi Jawa Tengah mendekatkan logistik dan peralatan penanggulangan bencana kepada masing-masing Bakorwil sebagai buffer stock untuk Kabupaten/Kota di wilayahnya masing-masing bila terjadi bencana, untuk ketersediaan peralatan khusus di Jawa Tengah, dilakukan pemerataan pemenuhan peralatan di setiap Bakorwil yang ditempatkan disalah satu Kabupaten/Kota, namun penggunaannya adalah untuk seluruh Kabupaten/Kota sewilayah bakorwil apabila terjadi bencana, mengoptimalkan sistem gotong royong antara Kabupaten/Kota dengan turut membantu dalam mobilisasi logistik dan peralatan kepada Kabupaten/Kota terdekat apabila terjadi bencana, melalui pendekatan wilayah Bakorwil, BPBD Provinsi Jawa Tengah telah melakukan pemetaan ketersediaan maupun pemenuhan kebutuhan logistik dan peralatan penanggulangan bencana bagi BPBD Kabupaten/Kota.

 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi