Aktifitas BPBD
Pengelolaan Lokpal
Kegiatan - Logistik & Peralatan
Written by egga   
Wednesday, 31 December 2014 14:51

Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor  10 Tahun 2008 tanggal 7 Juni 2008, pada Pasal 8 yaitu melaksanakan penyusunan dan pelaksanan kebijakan daerah di bidang penanggulangan bencana daerah, khususnya pada Bidang Logistik dan Peralatan memiliki kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah Tahun Anggaran 2014.

Peralatan-peralatan yang ada di BPBD Provinsi Jawa Tengah saat ini belum memadai untuk mendukung kegiatan penanggulangan bencana di Provinsi Jawa Tengah. Untuk itu guna memenuhi standar ketersediaan peralatan penanggulangan bencana sesuai dengan Perka BNPB Nomor 17 Tahun 2009 tentang Pedoman Standarisasi Peralatan Penanggulangan Bencana dan Peraturan Kepala (Perka) BNPB Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Pedoman Standarisasi Logistik Penanggulangan Bencana, maka setiap tahun dilakukan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah. Fokus kegiatan tersebut adalah belanja bahan pangan/cadangan pangan, bahan/material bencana alam, pengadaan berbagai macam peralatan penanggulangan bencana seperti : perahu karet, alat selam, life jacket, chainshaw, tandu spinal, genset, mesin pompa air, sepatu gunung, sepatu boot, head lamp, sepeda motor trail dan trailer perahu amphibi. Disamping itu juga dilakukan kegiatan fasilitasi petugas/penjaga repeater, fasilitasi BPBD Kabupaten/Kota dalam memperoleh bantuan peralatan dari BNPB, pelatihan water treatment portable di Kabupaten/Kota, fasilitasi lomba mendirikan tenda pengungsi tingkat nasional, pemeliharaan dan perawatan peralatan dan kendaraan penanggulangan bencana serta melakukan monitoring dan evaluasi peralatan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh Kabupaten/Kota yang merupakan salah satu kegiatan dari program Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana sebagaimana tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran Nomor 01888/DPA/2014. Barang-barang tersebut telah diserahterimakan kepada BPBD Provinsi Jawa Tengah dan telah dimasukkan dalam data asset peralatan BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Tujuan dari kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah Tahun Anggaran 2014 adalah :

  1. Pengadaan bahan pangan (Dapur umum bencana alam/Cadangan pangan) dan bahan/material bencana alam untuk memenuhi kebutuhan awal/dasar korban bencana di Jawa Tengah.
  2. Pengadaan peralatan/sarana penanggulangan bencana untuk penanganan tanggap darurat bencana di Jawa Tengah.
  3. Memfasilitasi petugas/penjaga Repeater BPBD Provinsi Jawa Tengah yang berlokasi di Gunung Telomoyo, Gunung Prahu dan Candi Cetho.
  4. Fasilitasi BPBD Kabupaten/Kota dalam rangka memperoleh bantuan hibah peralatan penanggulangan bencana dari BNPB.
  5. Pemeliharaan dan perawatan peralatan dan kendaraan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh BPBD Provinsi Jawa Tengah.
  6. Pelatihan peralatan penanggulangan bencana bagi BPBD Kabupaten/Kota.
  7. Melakukan monitoring dan evaluasi pengelolaan peralatan penanggulangan bencana yang dimiliki oleh Kabupaten/Kota.

Sasaran yang diharapkan dari kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah ini adalah :

1.  Terpenuhinya kebutuhan awal/dasar korban bencana di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah.

2.  Terpenuhinya kebutuhan peralatan penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat di Provinsi Jawa Tengah.

3.  Terwujudnya peningkatan kapasitas baik secara kelembagaan maupun sumber daya manusia bagi BPBD Kabupaten/Kota.

4.  Terpelihara dan terawatnya peralatan dan kendaraan penanggulangan bencana yang ada di BPBD Provinsi Jawa Tengah sehingga selalu dalam kondisi siap pakai jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

5.  Terwujudnya pengelolaan logistik dan peralatan di Jawa Tengah yang handal, efektif dan efisien.

 

Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah Tahun Anggaran 2014 meliputi :

  1. Pengadaan bahan pangan (Dapur Umum Bencana Alam/cadangan pangan) baik dari APBD Murni maupun APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014.
  2. Pengadaan bahan/material bencana alam baik dari APBD Murni maupun APBD Perubahan Tahun Anggaran 2014.
  3. Pengadaan peralatan penanggulangan bencana dari APBD Murni 2014 seperti jaket pelampung (life jacket), perahu karet dan genzet.
  4. Pengadaan peralatan penanggulangan bencana dari APBD Perubahan 2014 seperti perahu karet, genzet, tandu spinal, sepatu gunung, sepatu boot, alat selam, HT, RIG, chainsaw, head lamp, pompa air, motor trail dan trailer perahu amphibi.
  5. Pemeliharaan dan perawatan peralatan dan kendaraan penanggulangan bencana seperti jasa service, penggantian suku cadang dan bahan bakar minyak/gas dan pelumas.
  6. Pelatihan Water Treatment Portable (WTP) bagi petugas BPBD Kabupaten/Kota.
  7. Fasilitasi BPBD Kabupaten/Kota dalam memperoleh bantuan hibah peralatan penanggulangan bencana dari BNPB.
  8. Fasilitasi penjaga repeater BPBD Provinsi Jawa Tengah.
  9. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Peralatan Penanggulangan Bencana di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah.

 

Output Kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah Tahun Anggaran 2014 adalah terlaksananya Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana di Jawa Tengah. Outcome kegiatan adalah tersedianya bahan pangan, bahan/material bencana untuk korban bencana dan peralatan penanggulangan bencana di Provinsi Jawa Tengah. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Logistik dan Peralatan Bencana Jawa Tengah adalah terpenuhinya kebutuhan awal/dasar korban bencana dan peralatan/sarana penanganan tanggap darurat bencana. Sedangkan dampak yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terwujudnya kesiapsiagaan / antisipasi logistik dan peralatan dalam menghadapi bencana di daerah. Disamping pelaksanaan kegiatan-kegiatan pokok sebagaimana tersebut di atas yang sesuai dengan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA), terdapat pula kegiatan-kegiatan pendukung yang telah dilaksanakan oleh Bidang Logistik dan Peralatan BPBD Provinsi Jawa Tengah yang terkait dan tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pokok. Kegiatan pendukung yang telah dilaksanakan adalah :

  1. Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Water Treatment Portable di Kabupaten Batang, Grobogan, Semarang, Pati, Pemalang, Purworejo, Surakarta dan Wonogiri.
  2. Fasilitasi Peralatan Penanggulangan Bencana Bagi Sekolah/Perguruan Tinggi/LSM/Ormas di Jawa Tengah.
  3. Fasilitasi BPBD Kabupaten/Kota penerima bantuan hibah peralatan penanggulangan bencana dari BNPB di Jakarta.
  4. Fasilitasi Lomba Mendirikan Tenda Pengungsi Tingkat Nasional yang diikuti oleh 18 BPBD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah dan dilaksanakan di Kabupaten Karanganyar pada tanggal 7-8 Oktober 2014.
  5. Pengerahan Mobil Dapur Umum Lapangan dalam rangka penanggulangan banjir di Kabupaten Demak, Jepara dan Pekalongan.
  6. Pengerahan Truk Tangki Air guna pendistribusian air bersih akibat bencana kekeringan di Kabupaten Cilacap, Jepara, Purworejo dan Temanggung.
  7. Pengerahan Truk Urinoir/MCK guna mendukung acara Rally Borobudur, Pos Terpadu Angkutan Lebaran dan Arus Balik di Pejagan Brebes, Hari Haornas yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Acara Wisuda Akpol yang dihadiri oleh Kapolri, Acara Lomba Parasit Internasional di Candi Prambanan  dan Acara Rakornas PDIP di Semarang yang dihadiri oleh Presiden RI.
  8. Pengerahan mobil komunikasi dan Truk Urinoir/MCK untuk mendukung Kegiatan Lomba Mendirikan Tenda Pengungsi Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Karanganyar pada tanggal 7-8 Oktober 2014.

 

Dokumentasi :

 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi