BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
Pengembangan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Kab. Magelang
Kegiatan - Pencegahan & Kesiapsiagaan
Written by Rachmad   
Monday, 11 December 2017 11:24

 

BPBD Provinsi Jawa Tengah telah melaksanaan Kegiatan Pengembangan Forum Pengurangan Risiko Bencana. Pada hari Selasa, 5 Desember 2017, pukul 13.00 WIB di Balaidesa Kaliurang Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang ( Tempat Evakuasi Akhir / TEA ). Peserta kegiatan terdiri dari Forum PRB se-Jawa Tengah berjumlah 400 orang dari anggota Forum PRB Destana Provinsi se-JawaTengah,BPBD Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah.  Maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut antara lain berdiskusi terfokus untuk menemukankenali potensi, hambatan dan solusi. Pelatihan PPGD, Pelatihan Watertreatmen, dan Mendirikan Tenda guna eningkatan Kapasitas FPRB Desa. Pertemuan ini sebagai sarana silaturahmi untuk membuka jalur komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menuju Desa Tangguh Berdikari. melakukan kegiatan Sekolah sungai atau Sekolah Gunung yang diikuti oleh para relawan dari Forum PRB se-Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah Bapak Sarwa Pramana, SH, M.Si, Adapun pemateri dan narasumber kegiatan tersebut adalah Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Prov Jateng, bp Prio Anggoro Budi Raharjo, SH, Msi dengan judul ” MEMBANGUN KERJASAMA FORUM PENGURANGAN RESIKO BENCANA DAN DESA TANGGUH BENCANA”, Staf Khusus Gubernur Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Bapak Warsito Ellwein, dengan judul “Desa Tangguh Bencana sebagai jangkar desa Berdikari”, Pelatihan water treatment dan pendirian tenda dari BPBD Kabupaten Magelang, Pelatihan PPGD dari Markas PMI Kabupaten Magelang.

 

 

 

Kegiatan tersebut di tutup oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP serta penyerahan bantuan Gubernur untuk :

  1. Ketua Forum PRB Kab. Purworejo (F-PRB Desa Donorati Kec. Purworejo, Desa Karangrejo Kec. Loano, Desa Krendetan dan Desa Hargorojo Kec. Bagelen);
  2. Ketua Forum PRB Kab.Temanggung (F-PRB Desa Wonosari Kec. Bulu);
  3. Ketua Forum PRB Kab.Wonogiri ( F-PRB Desa Pucung, Desa Lemahbang dan Desa Bugelan Kec. Kismantoro);
  4. Ketua Forum PRB Kab.Karanganyar (F-PRB Kel. Tawangmangu Kec. Tawangmangu);
  5. Ketua Forum PRB Kab.Cilacap (F-PRB Desa Gombolharjo Kec. Adipala);
  6. Ketua Forum PRB Kab.Jepara (F-PRB Desa Ujungbatu Kec. Jepara);
  7. Ketua Forum PRB Kab.Kebumen (F-PRB Desa Sampang dan Desa Donorojo Kec. Sempor);
  8. Ketua Forum PRB Kab.Banjarnegara (F-PRB Desa Sijeruk Kec. Banjarmangu);
  9. Ketua Forum PRB Kab.Tegal (F-PRB Desa Sigedong Kec. Bumijaya);
  10. Ketua Forum PRB Kab.Banyumas (F-PRB Desa Kemiri Kec. Sumpyuh);
  11. Ketua Forum PRB Kab.Wonosobo (F-PRB Desa Reco dan Desa Kapencar Kec. Kertek);
  12. Ketua Forum PRB Kab.Purbalingga (F-PRB Desa Sirau dan Desa Kramat Kec. Karangmoncol).

 

RINCIAN BANTUAN GUBERNUR JAWA TENGAH UNTUK FORUM PRB DESA

Meliputi :

  1. Seperangkat Komputer 1 Paket (CPU, Keyboard, Monitor, Mouse) untuk 8 Desa Tangguh Bencana Prov. Jateng : Desa Sirau dan Desa Kramat Kec. Karangmoncol (Kab. Purbalingga), Krendetan dan Desa Hargorojo Kec. Bagelen (Kab. Purworejo), Desa Reco dan Desa Kapencar Kec. Kertek (Kab. Wonosobo) , Desa Lemahbang dan Desa Bugelan Kec. Kismantoro (Kab. Wonogiri);
  2. Seperangkat Peralatan Dapur Umum 1 Paket dan sepatu boot untuk 12 Desa Tangguh Bencana Prov Jateng
  3. CSR dari Bank Jateng berupa 1 Paket Jas Hujan untuk 20 Desa Tangguh Bencana Prov. Jateng

Kesimpulan dari diselenggaranya kegiatan tersebut antara lain dalam pengelolaan forum PRB, masalah pembiayaan menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapakan dalam strategi menjaga keberlanjutan organisasi forum PRB Daerah. Pembiayaan bisa diupayakan dari berbagai cara dan pendekatan dalam menjalankan organisasi, beberapa cara yang dapat dilakukan forum PRB dalam upaya penggalangan dana, diantaranya; Iuran Anggota, Donatur, Pemerintah (APBD), Dukungan Lembaga Usaha, Enterpreneurship Forum; Konsistensi Forum PRB untuk mempertahankan komitmen bersama dan bekerjasama secara terpadu untuk mengurangi risiko bencana, membangun suatu mekanisme terkoordinasi dalam pengurangan risiko bencana, dan dalam upaya peningkatan pengetahuan, informasi, distribusi sumberdaya ,teknologi yang relevan, dan distribusi sumberdaya anggota forum; Jangkar Desa Berdikari adalah pembangunan Desa Tangguh Bencana berdasarkan prinsip-prinsip Desa Berdikari, seperti: Menempatkan Desa Sebagai Subyek sekaligus sentral pembangunan, Meningkakan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa, Meletakkan Trisakti Bung Karno, Menjadikan gotong royong sebagai landasan bagi kerja sama masyarakat desa maupun kerja sama antar desa di Jawa tengah; Kegiatan ini dilakukan untuk membangun mekanisme yang bisa memberikan gambaran pemetaan distribusi sumberdaya yang dimiliki anggota dan optimalisasi pendayagunaanya untuk pencapaian tujuan forum maupun kepentingan antar anggota.

Last Updated on Monday, 11 December 2017 15:20
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi