Aktifitas BPBD
Rakor Peningkatan Akuntabilitas Kinerja BPBD
Kegiatan - sub. Program
Written by Egga   
Wednesday, 07 June 2017 11:19

Rapat Koordinasi Penigkatan Akuntabilitas Kinerja BPBD dilaksanakan pada hari Senin tanggal 5 Juni 2017 bertempat di Ruang Rapat Lt. IV Gd. A, BPBD Prov Jateng, Jl. Imam Bonjol No. 1 F Semarang dengan narasumber Kepala Pusdatin dan Humas BNPB, Kepala Bagian Penyusunan Program dan Anggaran I BNPB dan Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Peserta Rakor terdiri dari Sekretaris, Kasubag Program/Perencanaan dan Staf Pusdalops BPBD Kab/Kota se Jawa Tengah.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas aparatur dalam pengelolaan dan perencanaan pengganggaran penanggulangan bencana dan meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dalam mendukung penanggulangan bencana.

 

Acara dibuka oleh Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah dan menyampaikan arahan sebagai berikut, BPBD selalu hadir sebagai representasi dari Pemerintah Daerah, BPBD yang belum memiliki Perda PB untuk segera diproses, BPBD Kab/Kota segera menyusun RPB dengan SK Bupati yang nantinya dapat dijadikan masukan untuk RPJMD, Manfaatkan secara maksimal fasilitas sarana dan prasarana Pusdalops BPBD Kab/Kota dengan meningkatkan kinerja staf pengurus Pusdalops.

Arahan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB adalah Investasi radio komunikasi sudah cukup memadai sehingga perlu dimanfaatkan dan digunakan dengan baik. Perlu adanya peningkatan kerjasama antara BPBD dengan komunitas radio seperti ORARI, RAPI, dan lain-lain dalam penggunaan sistem radio integrasi, sehingga seluruh mode komunikasi dapat saling terhubung dengan baik. Gunakan dan manfaatkan berbagai mode dan cara komunikasi untuk melakukan sosialisasi dan menyampaikan informasi tentang kebencanaan kepada seluruh OPD dan masyarakat. Tahun 2018 BNPB telah merencanakan akan mengadakan pelatihan aplikasi InAWARE (Indonesian All Warning and Risk Evaluation) dan Aplikasi Pelaporan Bencana (SIPEBE) bagi staf Pusdalops di 32 BPBD Kab/Kota prioritas nasional, untuk Jawa Tengah yaitu BPBD Kabupaten Cilacap, Kebumen, Demak, Kendal, Magelang dan Kota Semarang.

Penyampaian pokok materi oleh Kepala Bagian Penyusunan Program dan Anggaran I BNPB mewakili Kepala Biro Perencanaan BNPB sebagai berikut sinergikan program dan kegiatan tahun 2018 dengan mengidentifikasi tantangan lingkungan strategis PB daerah dan mengevaluasi capaian kinerja PB untuk mencari celah kebutuhan yang harus segera dipenuhi, menyusun perencanaan kerja pemerintah daerah berdasarkan skala prioritas berbasis kajian risiko bencana dan arah kebijakan pembangunan nasional 2018, koordinasi dengan BAPPEDA untuk integrasi program/kegiatan tematik PB, Adaptasi dan kembangkan program dan kegiatan prioritas nasional melalui rencana kerja pemerintah daerah.

Penyampaian pokok materi oleh Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah sebagai berikut, Inti akuntabilitas terletak pada laporan pertanggungjawaban keuangan yang runtut dan transparan khususnya pada pengelolaan pengadaan barang jasa, sehingga sifat pelaporannya harus menyeluruh, Administrasi pembukuan yang lemah dan pembayaran pekerjaan/pengadaan yang tidak dilengkapi dengan bukti yang kompeten, adalah dua hal yang harus dibenahi dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban.

Kesimpulan dari kegiatan peningkatan akuntabilitas kinerja BPBD adalah dapat diwujudkan dengan adanya komitmen dari pimpinan dan seluruh staf instansi untuk melakukan pengelolaan pelaksanaan misi agar akuntabel dan dapat menunjukkan tingkat pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

DOKUMENTASI :

Last Updated on Wednesday, 07 June 2017 13:09
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi