Aktifitas BPBD
Bulan PRB 2013 di Mataram
Kegiatan - PIB Pusdalops Jateng
Written by Egga   
Saturday, 05 October 2013 23:08

Peringatan Bulan PRB Tahun 2013

Kerugian  akibat kejadian bencana sejak tahun 2003 – 2013, Dunia mengalami kerugian lebih dari 2.7 triliun dolar Amerika, sementara sejak tahun 2000,  tiap jam dunia mengalami kerugian lebih dari 16.2 miliar dolar Amerika akibat bencana yang terjadi di berbagai belahan bumi. Informasi tersebut dilansir pada saat pembukaan Global Platform di Geneva, Swiss. Pertemuan tingkat dunia untuk para pekerja dan pemerhati persoalan pengurangan risiko bencana bertema “invest today for a safer tomorrow” sangat tepat, karena upaya PRB merupakan investasi untuk masa depan.

Kompleksitas dari strategi penanganan permasalahan bencana memerlukan suatu kerjasama dan dukungan semua pihak dalam penanggulangannya terutama dalam upaya mengembangkan budaya pengurangan risiko bencana, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu. Untuk itu, Badan PBB mengusulkan hari untuk peringatan Pengurangan Bencana yang sudah dimulai sejak tahun 1989. Peringatan tersebut merupakan salah satu cara untuk mempromosikan budaya pengurangan risiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan. Pada awalnya peringatan tersebut disepakati pada hari Rabu kedua bulan Oktober, namun sejak tahun 2010, diputuskan untuk menunjuk tanggal 13 Oktober sebagai tanggal untuk merayakan hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana.
DI Indonesia pada dasarnya sudah banyak pelaku PRB yang ikut berpartisipasi dalam kampanye peringatan PRB tersebut, namun tantangannya adalah masih belum diwadahi dalam suatu rangkaian bersama sehingga masih terlaksana secara sektoral dan terpisah. Dalam rangka menjawab tantangan tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Platform Nasional, akan menyelenggarakan pertemuan Forum PRB sekaligus penyelenggaran puncak peringatan bulan PRB pada bulan Oktober 2013.

Sesuai dengan semangat dalam pertemuan Global Platform, kegiatan pucak bulan PRB mengangkat tema Pengurangan Risiko Bencana, Investasi Untuk Ketangguhan Bangsa. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Tujuan
Diharapkan puncak  peringatan PRB ini dapat  membangun kesadaran bersama dan mampu membangun dialog serta mengembangkan jejaring antar pelaku PRB.

Secara khusus, kegiatan ini dapat mensinergikan kegiatan sektoral sehingga dapat dijadikan ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

Tempat & Tanggal
Puncak Peringatan Bulan PRB tahun 2013 ini direncanakan akan diselenggarakan sekitar Kota Mataram, Provinsi NTB pada tanggal 7-11 Oktober 2013

Peserta
Kegiatan ini terbuka untuk umum, baik dari Kementerian/Lembaga, SKPD Provinsi dan Kab/Kota (terutama BPBD Provinsi/Kabupaten/Kota), Organisasi Nasional/Daerah/Internasional, Forum PRB, dan praktisi kebencanaan.

Pembukaan
Seremoni pembukaan puncak peringatan bulan PRB direncanakan akan diselenggarakan pada pagi hari Senin, 7 Oktober 2013.
Lokasi Pembukaan akan disiapkan di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, Provinsi NTB

Penutupan
Seremoni penutupan puncak peringatan bulan PRB direncanakan akan diselenggarakan pada sore/malam hari Jumat, 11 Oktober 2013.
Lokasi Penutupan akan ditentukan kemudian.

sumber: peringatanbulanprb.net

Last Updated on Saturday, 05 October 2013 23:19
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi