Aktifitas BPBD
Kunjungan Gubernur Jawa Tengah ke Kali Putih
Kegiatan - PIB Pusdalops Jateng
Written by Egga   

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lakukan kunjungan ke Kali Putih Merapi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lakukan kunjungan ke kawasan hulu aliran Kali Putih di kawasan kaki Gunung Merapi wilayah atas Jurangjero Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang, Minggu (13/10/2013).

Kunjungan ini merupakan kunjungan yang pertama dilakukan setelah ia dilantik menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya ini, Ganjar Pranowo juga lakukan pertemuan dan dialog dengan relawan berbagai komunitas di bawah tenda yang didirikan tidak jauh dari bangunan sabo atau checkdam PUD-5, yang merupakan bangunan sabo atau checkdam paling atas di aliran Kali Putih.Pertama berkunjung ke kawasan atas Jurangjero Srumbung Magelang, Ganjar Pranowo langsung menuju tepi aliran Kali Putih.

Keberadaan material vulkanik yang ada di aliran sungai langsung menjadi perhatiannya, termasuk material vulkanik yang menumpuk di bagian atas bangunan sabo. Bagian tersebut sebenarnya berfungsi sebagai kantong lahar, namun kini sudah dipenuhi material vulkanik hingga kondisinya rata dengan bangunan sabo.

Kepada wartawan usai bertemu dengan relawan dari berbagai komunitas, Ganjar Pranowo di Jurangjero Srumbung mengatakan, kondisi beberapa bangunan checkdam nampak penuh dengan material vulkanik, dan itu belum dilakukan pengerukan. Kalau nanti terjadi hujan dan banjir, serta debit air sungainya tinggi dikhawatirkan akan dapat mendatangkan bahaya, manakala material tersebut belum dilakukan pengerukan.

Ganjar Pranowo menyampaikan semacam solusi, yaitu segera dilakukan pengerukan atau dengan cara mendekati masyarakat agar lebih meningkatkan kesiap-siagaannya, mengingat masih ada sekitar 165 warga yang belum mau pindah. Menurut Ganjat Pranowo, kedua solusi ini tidak dapat menunggu- nunggu. Kepada para relawan juga diminta untuk lakukan persuasif kepada masyarakat. Dengan pengerukan tumpukan material tersebut diharapkan bangunan checkdam dapat berfungsi sebagai penahan dan memperlambat laju material yang terbawa banjir.

Sumber: Kedaulatan Rakyat, Foto oleh Crew BPBD Jateng
 

 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi