Aktifitas BPBD
Bimtek SINDU oleh BNPB di Jateng
Kegiatan - PIB Pusdalops Jateng
Written by Egga   
Thursday, 05 December 2013 12:18

BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SISTEM INFORMASI KEBENCANAAN

Pusat Data Informasi dan Humas BNPB bersama dengan Pusdalops PB BPBD Jateng mengadakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penanggulangan Bencana, yang bernama SINDU (Sistem Informasi Terpadu), di Semarang, dari tanggal 4 dan direncanakan selesai pada tanggal 6 Desember 2013.

Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin puting beliung dan tanah longsor.

Sesuai dengan UU No.24 tahun 2007 pasal 12 yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana mempunyai tugas menyampaikan informasi kegiatan penanggulangan bencana kepada masyarakat. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan untuk mempercepat akses, membuat analisis dan pertukaran informasi dengan mudah, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat akan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat.

BNPB telah membangun Sistem Informasi Penanggulangan Bencana meliputi 4 (empat) aplikasi, yaitu : (1) Aplikasi Pelaporan Daerah, (2) Aplikasi Tanggap Darurat, (3) Aplikasi Logistik dan Peralatan serta (4) Aplikasi Rehabilitasi dan Rekonstruksi. Selain aplikasi- aplikasi tersebut BNPB juga membangun aplikasi yang lainnya seperti DIBI (Data Informasi Bencana Indonesia), Geospasial dan SIGAB (Sistem Informasi Kesiapsiagaan).
Masing-masing aplikasi dimaksud, mempunyai fungsi yang berbeda-beda sehingga user diharuskan memasukan data kedalam semua aplikasi. Menindaklanjuti hal tersebut, pada tahun 2012 BNPB melakukan  pengintegrasian semua sistem dimaksud untuk membuat aplikasi menjadi satu pintu sehingga mempermudah user dalam memasukkan data dan menghindari data yang sama. Aplikasi Sistem Informasi Kebencanaan Terpadu (SINDU) merupakan hasil dari penggabungan aplikasi yang telah dibuat.
Untuk penyempurnaan sistem informasi kebencanaan dimaksud, BNPB mengadakan simulasi pelaporan kejadian bencana dengan menggunakan aplikasi SINDU melalui bimbingan teknis, sehingga aplikasi tersebut dapat menghasilkan laporan cepat yang ideal.  

Tujuan
Memperkenalkan aplikasi SINDU kepada BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota  di Jawa Tengah

Ruang Lingkup
Kegiatan yang dilakukan meliputi:
•    Pengenalan dan pengoperasian SINDU
•    Simulasi laporan kejadian bencana (mekanisme, standardisasi pelaporan, data yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana)
•    FGD (Focus Group Discusion) untuk penyempurnaan aplikasi SINDU  

Sasaran
•    BPBD Provinsi Jawa Tengah
•    18 BPBD Kab/Kota di Provinsi Jawa tengah
•    BNPB

Peserta
Peserta untuk kegiatan “Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kebencanaan" sebanyak 36 orang

sumber: Pusdalops PB BPBD Jateng

Last Updated on Thursday, 12 December 2013 16:20
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi