Aktifitas BPBD
Bimtek Radio Rapid Deployment di Bogor
Kegiatan - PIB Pusdalops Jateng
Written by Egga   
Thursday, 12 December 2013 16:04

PELATIHAN SISTEM RADIO KOMUNIKASI RAPID DEPLOYMENT DI BOGOR, 8 S/D 10 DESEMBER 2013.

Bogor, Pusdatin & Humas BNPB mengadakan Bimbingan Teknis Radio Komunikasi Rapid Deployment khususnya bagi BPBD Provinsi yang berada pada wilayah Tsunami, yakni diwakili masing-masing 3 Operator Radio Komunikasi di BPBD.
Pelaksanaan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat BNPB nomor: B.1262/BNPB/DIS.01/11/2013, tanggal 21 November 2013 tentang Pemberian Bantuan Radio Komunikasi Rapid Deployment.

Adapun tujuan dari pada kegiatan Pelatihan ini adalah untuk peningkatan kapasitas radio di BPBD dalam pengoperasian radio komunikasi Rapid Deployment di lokasi bencana.

Seperti yang dikemukakan oleh Kepala Pusdatin & Humas BNPB Dr. Sutopo Purwo Nugroho bahwa penegasan maksud tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah masing-masing operator radio komunikasi BPBD yang berada pada daerah rawan bencana seperti Gempa & Tsunami selalu siap, kuat, dan tangguh dalam berkoordinasi dengan BNPB dan lain sebagainya,

serta mampu mengoperasikan penggunaan radio komunikasi rapid deployment yang telah diberikan, inti pesanya nanti adalah untuk membangun sistem komunikasi di Darah Rawan Tsunami guna mendukung Program Master Plan Tsunami di Indonesia.

Pelatihan ini dimulai pada tanggal 8 Desember 2013, dan berlangsung sampai dengan 10 Desember 2013, Bertempat di Hotel Aston Bogor, Jl. Dreded Pahlawan (The Jungle – Nirwana Residence), Bogor.
Dengan dihadiri ± 40 peserta, masing-masing perwakilan dari 10 Provinsi dengan 3 orang operator radio, dan sisanya peserta dari BNPB.

Narasumber dari pelatihan ini adalah CODAN Australia, Vendor perangkat & teknologi komunikasi radio portable. Beberapa produk dan karakteristik yang dipaparkan nantinya akan digunakan oleh masing-masing BPBD Provinsi yang berada pada daerah rawan Tsunami.

Ir. Neulis Zuliasri Pusdatin BNPB menyampaikan dalam penutupannya, bahwa BPBD diminta kesanggupannya dan pertanggungjawabannya atas pemeliharaan  bantuan peralatan radio yang akan diberikan nantinya. Dan diminta untuk menyediakan 3 operator radio komunikasi yang selama 3 tahun tidak akan dimutasi.

Sumber: Pusat Informasi Bencana (PIB) PUSDALOPS PB Jateng

Last Updated on Thursday, 12 December 2013 16:19
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi