BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
Pelaksanaan RR Pasca Banjir dan Tanah Longsor di Kab. Pati
Kegiatan - Rehab & Rekon
Written by Egga   
Monday, 11 April 2016 15:52

Rakortek Penanggulangan Bencana di Jawa Tengah Per Bakorwil dengan tema: "Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Banjir dan Tanah Longsor Periode Kejadian September 2015 – Februari 2016" pada tanggal 17 Maret 2016 di Ruang Rapat Bakorwil I Prov. Jateng di Pati. Rakortek dibuka dan ditutup oleh Kabid. Kesra Bakorwil I Prov. Jateng (p. Barkah), dan hadir sebagai nara sumber Ir. Imam Nugraha Heru Santosa, Msi - Ka. Balai ESDM Kendeng Muria Dinas ESDM Prov. Jateng, Ir. Panca Hermawan – Ka. Bid. Operasional dan Pemeliharaan  BBWS Pemali Juana, Ir. SR. Eko Yunianto, Sp.1 - Kepala Bidang Sungai Waduk Pantai Dinas PSDA Prov. Jateng.

Peserta yang hadir 40 orang dari unsur SKPD Prov. Jateng : Bappeda, Biro Bangda Setda, Balai PSDA, dan Balai ESDM serta BPBD Kabupaten/Kota Wil Bakorwil, kecuali BPBD Kab. Grobogan dan Kabupaten Semarang ijin tidak hadir dan SKPD Teknis terkait PU/ESDM Kabupaten/Kota.

BPBD Kabupaten/ Kota sepakat untuk melaksanakan diskusi secara intensif di luar forum untuk: bekerjasama dengan Dinas PU/SDA/ESDM, BBWS setempat , dan Balai-balai PSDA dan ESDM dengan substansi menyusun atau menyempurnakan kembali, data informasi terkait dengan kerusakan infrastruktur  SDA dan upaya penanganannya, kerusakan lingkungan terdampak tanah longsor/gerakan tanah dan upaya penanganannya,  termasuk kemungkinan relokasi. Memverifikasi usulan RR sesuai kewenangan agar sinkron, sinergi, dan terpadu untuk penanganan jangka pendek (6 bulan – 1 tahun pasca bencana) untuk pelaksanaan Rehabiltasi, jangka menengah dan jangka panjang (2-3 tahun) untuk pelaksanaan Rekonstruksi, setelah dilengkapi dengan Renaksi.

Kejadian bencana longsor tahun 2016 wilayah Bakorwil I :

  • Desa Papasan, Kec. Bangsri, Jepara. Pebruari 2016.
  • Desa Tanjung, Kec. Pakisaji, Jepara. Pebruari 2016.
  • Dk Kambangan, Desa Menawan, Kec. Gebog, Kudus. Maret 2016.
  • Desa Sendang Coyo, Kec. Lasem, Rembang. Maret 2016.

Kejadian bencana banjir akibat dari :

  • Limpasan air Sungai Dawe pada tanggal 17 Desember 2015 mengenangi Desa Mejobo dan Desa Gulantepus, Kec. Mejobo Kab. Kudus.
  • Limpasan air Sungai Lusi pada tanggal 8 Februari  2016 mengenangi tanaman padi  seluas 75 ha dan jalan Desa setinggi 0.3 – 1 meter di Desa Njono,  Kecamatan Tawang harjo, Kabupaten Grobogan
  • Limpasan air Sungai Lusi dan Sungai Glugu pada tanggal 9 Februari 2016 mengenangi Fasilitas umum antara lain Gedung  Sekolah Dasar, Persawahan dan Jalan Desa setinggi 0.3 – 0.5 meter di Kelurahan Kuripan ada 4 RW dan Kelurahan Banaran ada 2 RT/

Upaya BBWS Pemali Juana TA. 2016  diantaranya pembersihan sampah di Pintu Pengendali Banjir Wilalung (Kab. Kudus), pembuatan coverdam pada sebelah hulu dan hilir Pintu Klep SWD II, koordinasi antar instansi antisipasi bencana banjir, dropping material pasir untuk isian sandbag, dan pembersihan sampah pada alur sungai Banjir Kanal Timur di Kelurahan Kaligawe, pembersihan sampah pada alur sungai (jembatan kaligawe), perbaikan  tanggul Sungai Cabean di desa singopadu dan pengerukan sediman di Sungai Banjir Kanal Barat.

Membahas usulan pasca bencana Banjir dan Longsor  periode September  2015  –   Februari   2016   dengan  TAPD Provinsi Jateng (Bappeda, Br. Bangda, dan Br. Keuangan) dan Bidang RR - BNPB, sebelum melaporkan pada. Sekda Prov. Jateng pada bulan April 2016 sebagai masukan Musrenbang.

Last Updated on Monday, 11 April 2016 16:10
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi