Aktifitas BPBD
Pelaksanaan RR Pasca Banjir dan Tanah Longsor di Kota Surakarta
Kegiatan - Rehab & Rekon
Written by Egga   
Monday, 11 April 2016 16:23

Rapat Koordinasi Teknis Penanggulangan Bencana di Jawa Tengah Per Bakorwil dengan tema: "Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Banjir dan Tanah Longsor Periode Kejadian September 2015 – Februari 2016" pada tanggal 29 Maret 2016 di Ruang Rapat Bakorwil II Prov. Jateng di Surakarta. Rakortek dibuka dan ditutup oleh Kabid Rehab-Rekon BPBD Prov. Jateng, dan hadir  sebagai nara sumber Ir. Sudarsono ATP, CES – Fungsional Kementerian PU PR, DR. Maryono - Fungsional Peneliti Bumi Kementerian ESDM, Ir. Soeseno, MT - Ka. Balai ESDM Wilayah Solo Din. ESDM Prov. Jateng, Muhammad Alboneh  – Kasi Perencanaan Operasional dan Pemeliharaan  BBWS Serayu Opak, Ir.Sigit Budi Widigdyo – Kasatker OP SDA BBWS Bengawan Solo. Sebagai Moderator adalah Kasi Kesra Bakorwil II (P. Kris Hartono) dan Kasi Din. PSDA (P. Gunawan) Prov Jateng.

Peserta yang hadir  40 orang dari unsur Bappeda, Biro Bangda Setda, Balai PSDA, dan Balai ESDM serta BPBD Kabupaten/Kota se Wil Bakorwil II dan Dinas PU/ESDM Kabupaten/Kota

BPBD Kabupaten/Kota akan melaksanakan koordinasi dengan Dinas PU/SDA/ESDM, BBWS setempat, dan Balai-balai PSDA dan ESDM melengkapi kembali, data informasi, kerusakan infrastruktur  SDA dan upaya penanganannya, kerusakan lingkungan terdampak tanah longsor/gerakan tanah dan upaya penanganannya,  termasuk kemungkinan relokasi dan hasil evaluasi data/informasi dari BPBD Kab. Kota wilayah Bakorwil II terhadap kejadian bencana periode September 2015 – Februari 2016 adalah BPBD Kab. Sragen, Wonosobo, Klaten, Magelang, Karanganyar, Boyolali, dan Kota Surakarta menyatakan Nihil, semua kejadian bencana sudah dapat diselesaikan dengan mengoptimalkan DSP dan DTT dan BPBD Kabupaten Wonogiri, Purworejo, Temanggung, dan Kebumen akan melengkapi kembali data informasi terkait dengan kerusakan infrastruktur  SDA dan upaya penanganannya, kerusakan lingkungan terdampak tanah longsor/gerakan tanah dan upaya penanganannya,  termasuk kemungkinan relokasi, BPBD Kabupaten/Kota akan melaksanakan koordinasi dengan Dinas PU/SDA/ESDM, BBWS setempat, dan Balai-balai PSDA dan ESDM dengan memverifikasi usulan RR sesuai kewenangan agar sinkron, sinergi dengan kegiatan BBWS Serayu Opak TA. 2016 yaitu Rehabilitasi Prasarana Pengendali Banjir S. Ijo, S. Tipar, dan Anak Sungainya dan Rehabilitasi Prasarana Pengendali Banjir Sungai Wawar, Sungai Cokroyasan, Sungai Bogowonto dan Anak Sungainya Kab. Kebumen dan Purworejo;

BPBD Kab. Kebumen menerima Dana Bantuan Hibah Kegiatan RR Pasna TA. 2015 dari  BNPB sebesar Rp. 14.417.531.000,- untuk Rehab-Rekon infrastruktur serta sehubungan hal tersebut, BPBD Kab. Kebumen telah berkoordinasi  dengan PSDA Prov. Jateng terkait Surat Permohonan Ijin Pelaksanaan Pekerjaan (SPIPP) Fisik, berdasarkan UU No. 74 Th. 1974 dan Permen PUPR No. 4 Th. 2015 tentang Pengelolaan sungai berada di Pemerintah Pusat.

Pembahasan usulan pasca bencana Banjir dan Longsor  periode September  2015  –   Februari   2016   dengan  TAPD Prov. Jateng (Bappeda, Biro Bangda, dan Biro Keuangan) dan Bidang RR - BNPB, guna melengkapi atau menambahkan data/informasi Rehab-Rekon pasca bencana menyusuli proses Musrenbang yang sedang berjalan.

Last Updated on Monday, 11 April 2016 16:32
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi