Aktifitas BPBD
RAKOR INVENTARISASI DATA KERUSAKAN INFRASTRUKTUR WILAYAH BAKORWIL III PROVINSI JAWA TENGAH
Kegiatan - Rehab & Rekon
Written by Egga   
Thursday, 28 July 2016 15:09

Rakor diselenggarakan pada tanggal 20-21 Juli 2016 di Kantor Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah Jalan Gatot Subroto 67 Purwokerto, dihadiri oleh 36 (tiga puluh enam) orang dari SKPD Teknis di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Dinas Bina Marga, Dinas PSDA dan Dinas Cipkataru), BPBD dan Dinas PU Kab/Kota di wilayah kerja Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah (Cilacap, Banyumas, Brebes, Pemalang, Purbalingga, Banjarnegara, Tegal, Pekalongan, Batang, Kota Tegal dan Kota Pekalongan). Acara dibuka dan ditutup oleh Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Provinsi Jawa Tengah mewakili Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah.

 

Penyampaian data kerusakan infrastruktur terdampak bencana dan penanggulangannya disampaikan oleh BPBD Kabupaten Cilacap, Banjarnegara dan Pekalongan yang di moderatori oleh Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan ini bermaksud untuk menyediakan data dan informasi kerusakan infrastruktur terdampak bencana khususnya di Kab/Kota Wilayah Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah. Dan bertujuan untuk sharing pengalaman penanggulangan kerusakan infrastruktur pascabencana. Inventarisasi data kejadian bencana dan kerusakan infrastruktur pascabencana kab/kota Wilayah Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan inventarisasi data kerusakan pascabencana di BPBD kabupaten/kota tidak seluruhnya di up date sampai dengan saat masuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, sebagian besar masih mendasarkan pada data yang diperoleh saat kejadian bencana. Terkait dengan kerusakan pascabencana pada sektor infrastruktur rumpun PU, BPBD Kab./Kota perlu melaksanakan sosialisasi mekanisme inventarisasi data kerusakan di lingkungan SKPD Kab/kota terkait (khususnya Dinas PU), dengan penajaman pada penentuan skala prioritas.

Sharing pengalaman penanggulangan kerusakan infrastruktur pascabencana :

  • BPBD Kabupaten Cilacap : penanganan kerusakan infrastruktur dilakukan dengan langkah awal menyiapkan Surat Pernyataan Bupati Cilacap tentang Status Bencana yang mengakibatkan kerusakan Infrastuktur dan mengajukan permohonan ¬†perbaikan Infrastruktur terdampak bencana kepada instansi terkait melalui dana tak terduga.
  • BPBD Kabupaten Pekalongan : penanganan kerusakan infrastruktur dilakukan dengan langkah awal menginventarisir kerusakan, mengkaji secara teknis dan mengkoordinasikan ke instansi terkait.
  • BPBD Kabupaten Banjarnegara : penanganan kerusakan infrastruktur dilakukan dengan langkah awal menginventarisir kerusakan, mendokumentasikan dan menghitung kebutuhan pascabencana.

Untuk ruas jalan di wilayah kab./kota yang berpotensi rawan longsor tinggi, agar BPBD menyusun langkah-langkah preventif pengurangan risiko bencana ditinjau dari aspek teknis maupun non teknis (contoh : untuk ruas jalan di wilayah Kab. Banjarnegara).

BPBD Kab.Purbalingga meminta penjelasan prosedur permohonan ijin untuk melaksanakan kegiatan pada sungai-sungai kewenangan pusat (BBWS Citanduy)

Keterangan : Contoh kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sudah mendapatkan ijin dari BBWS Serayu Opak adalah BPBD Kab Kebumen.

Last Updated on Thursday, 28 July 2016 15:30
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi