BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
KEGIATAN RAPAT KOORDINASI PENANGANAN REKONSTRUKSI PASCABENCANA DI JAWA TENGAH TA 2017
Kegiatan - Rehab & Rekon
Written by Ahmad   
Monday, 14 August 2017 11:00

 

Rapat Kegiatan Koordinasi Penanganan Rekonstruksi Pascabencana di Jawa Tengah TA 2017 dengan tema “Manajemen Penanggulangan Pascabencana” yang dilaksanakan pada hari Senin, 31 Juli 2017 pukul 09.00 s/d 15.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Lt. 4 Gedung A Kantor Sekretariat BPBD Provinsi Jawa Tengah, Jl. Imam Bonjol 1 F Semarang dengan narasumber Direktorat Penilaian Kerusakan Kedeputian Bidang Rehabilitasi Dan Rekonstruksi BNPB dan Dinas PU SDA TARU Provinsi Jawa Tengah. Peserta Rakor terdiri dari PBD Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Biro Infrastruktur, DPU Binmar Cipka, DPU SDA TARU, Disperakim, Dinas ESDM, Bappeda dan BPKAD).

Rapat dibuka oleh Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah dan ditutup oleh Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang mewakili Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah, Maksud dan tujuan kegiatan adalah mengkoordinasikan penanganan rekonstruksi pascabencana di Jawa Tengah dengan sosialisasi manajemen penanggulangan pascabencana dan sosialisasi hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam rangka bantuan pendanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

Penyampaian Materi ratpetMateri Rapat oleh Manajemen Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana dan Kebijakan Dinas PU SDA TARU Provinsi Jawa Tengah dalam Penanggulangan Paska Banjir Tahun 2016-2017 di Jawa Tengah perlu adanya Sosialisasi Mekanisme Pengajuan Usulan Permohonan Dana Bantuan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Kepada Pemerintah Pusat (BNPB).

Penyampaian pokok dan kesimpulan dari kegiatan Rapat Koordinasi Penanganan Rekonstruksi Pascabencana di Jawa Tengah TA 2017 antara lain :

  1. Penanganan rekonstruksi pascabencana mempunyai sasaran untuk menurunkan indeks risiko bencana dengan cara meningkatan kualitas hidup masyarakat di daerah pascabencana, melalui percepatan penyelesaian rehabilitasi dan rekonstruksi daerah terdampak.
  2. Perlu peningkatan kapasitas BPBD dan OPD terkait dalam penyusunan dokumen renaksi rehabilitasi dan rekonstruksi sebagai upaya penanganan rekonstruksi pascabencana.
  3. Kegiatan kajian kebutuhan pascabencana (Jitu Pasna) sudah dimulai saat tahap transisi dari darurat ke pemulihan.
  4. Pembangunan sementara fasilitas sosial dan umum yang rusak akibat bencana, tanpa harus menunggu rehabilitasi dan rekonstruksi agar pelayanan kepada masyarakat dapat terus terlayani dengan baik.
  5. Penanganan pascabencana banjir di Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 dilakukan pada saat transisi darurat pemulihan seperti : penanganan darurat tanggul longsor Sungai Pemali Desa Tengki Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes, penanganan darurat tanggul longsor Sungai Piji Desa Kesambi Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, penanganan darurat tanggul jebol Sungai Kalimeneng Desa Rowobayem Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, penanganan darurat tanggul longsor sungai gebang Desa Polomarto Kecamatan Butuh Kabupaten Purworejo, penanganan darurat tanggul jebol Sungai Cilopadang, Desa Mulyasari Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap (dilaksanakan oleh Balai PU SDA TARU Provinsi Jawa Tengah).
  6. Mekanisme usulan/proposal hibah dari pemerintah daerah dalam rangka bantuan pendanaan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana wajib melalui BPBD Provinsi Jawa Tengah (Perka BNPB No. 4 Tahun 2015).
Last Updated on Monday, 14 August 2017 11:27
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi