BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
Latihan Gabungan "Penyelamatan, Evakuasi Dan Penanganan Pengungsi" (PEPP) Di Kabupaten Banyumas
Kegiatan - Penanganan Darurat
Written by Rizky   
Wednesday, 25 May 2016 13:42

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 18-19 Mei 2016 bertempat di Hotel Moro Seneng Jalan Raya KM.13 Baturaden Purwokerto Kabupaten Banyumas.

Acara diawali dengan sambutan dan ucapan selamat datang Bupati Banyumas yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Bapak Ir. Didi Rudwianto, SH dan dibuka langsung oleh Bapak Kalakhar BPBD Provinsi Jawa Tengah Bapak Sarwa Pramana, SH, M.Si.

Latihan Gabungan pepp tersebut juga  dihadiri Bapak Gubernur Jawa Tengah  yang sekaligus memberikan pengarahan kepada para Relawan di Kabupaten Banyumas, dengan materi arti penting kepedulian masyarakat terhadap proses tanggap darurat bencana dan arti penting tugas para Relawan dalam upaya meningkatkan kepedulian masyarakat.

Peserta Kegiatan berasal dari: Koramil 02/Baturraden, POLSEK Baturraden, ORARI Lokal Banyumas, RAPI Banyumas, MPA UNSOED, Senkom, Mitra POLRI, SAR Daerah Banyumas, PMI Banyumas, TAGANA, Dinsosnakertrans Kab. Banyumas Serta Relawan se-Kabupaten Banyumas.

Sedangkan narasumber dan instruktur yang hadir pada kegiatan tersebut berasal dari BAKORWIL III Jawa Tengah, BPBD Kab. Banyumas, Balai Informasi dan Konservasi Kebumian Karangsambung LIPI Kebumen, KOREM 071/WijayaKusuma, KODIM 0701/Banyumas, TAGANA DINSOSNAKERTRANS Kab. Banyumas, Dinas DAMKAR Kab. Banyumas, PMI Kab. Banyumas, SAR Banyumas, RAPI Banyumas dan Relawan (SAR) BPBD Kab. Banyumas.

Materi yang diberikan untuk peserta Kegiatan PEPP antara lain:

  1. Paparan Teori dalam kelas oleh Narasumber dan Instrukutur dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi;
  2. Praktek Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD);
  3. Praktek Komunikasi Lapangan;
  4. Praktek Pelayanan Dapur Umum;
  5. Praktek Pemadaman Kebakaran dengan Alat Sederhana;
  6. Praktek Mendirikan Tenda Regu, dilanjutkan dengan Simulasi Penanganan Darurat Bencana Gempa bumi.

Kegiatan simulasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana kecepatan berpikir dan bertindak segera setelah keadaan darurat bencana gempa bumi terjadi dan menimbulkan korban yang harus segera ditolong, pendirian tenda untuk evakuasi korban bencana dan pelayanan dapur umum bagi pengungsi serta peningkatan keahlian dalam memberikan pertolongan pertama gawat darurat bagi korban terdampak bencana dan peningkatan keahlian komunikasi lapangan.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman bagi kelompok masyarakat tentang eksistensi lembaga penanggulangan bencana di daerah dan pusat serta memberikan landasan berpijak yang kuat tentang pelaporan keadaan darurat bencana, proses penyelamatan dan evakuasi bagi korban terdampak bencana serta penanganan pengungsi di daerah terdampak bencana.

 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi