BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
Simulasi Penanganan Darurat Bagi Kelompok Masyarakat, Kegiatan Pendidikan Kemasyarakatan di Kab.Brebes
Kegiatan - Penanganan Darurat
Written by Rizky   
Friday, 27 May 2016 11:39

Kegiatan simulasi dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 26 Mei 2016 yang bertempat di Gedung PGRI Brebes, Jl. Taman Siswa, Brebes, Kec. Brebes, Kabupaten Brebes. Kegiatan tersebut dibuka dengan paparan dari narasumber yaitu: BPBD Prov. Jawa Tengah, BAPPEDA Prov. Jawa Tengah, BPBD Kab. Brebes, Kodim 0733/Brebes, Tagana Dinsosnakertrans Kab. Brebes, PMI Kab. Brebes, dan Relawan (SAR) BPBD Kabupaten Brebes. Selanjutnya dibagi 4 kelompok untuk dilakukan latihan pendirian tenda, dapur umum, water treatment, dan  PPGD. Kegiatan diakhiri dengan simulasi penanganan darurat (Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana) banjir.

Kegiatan simulasi menghadirkan sebanyak 150 Peserta  yang berasal dari perwakilan Masyarakat se-Kabupaten Brebes yang terdiri dari: BPBD Kab. Brebes, Satpol PP Kab. Brebes, TAGANA Dinsosnakertrans Kab. Brebes, Damkar Brebes, SAR Kab. Brebes, Pramuka Kwarcab Brebes, PMR SMAN 1 Brebes, PMR SMAN 2 Brebes, PMR SMAN 3 Brebes, PMR SMKN 2 Brebes, Linmas Kab. Brebes, FKPAB Brebes, UMUS Brebes, LPB Muhammadiyah Brebes, Aparat Desa Wangandalem Aparat Desa Padasugih, Aparat Desa Tengin, KSR PMI, dan OI Brebes.

Kepala Bidang Penanganan Darurat yang mewakili Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya menjelaskan, bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah terciptanya kesamaan perspektif, pemahaman tentang manajemen penanganan darurat bencana, kesatuan gerak serta terbentuknya jaring komunikasi, koordinasi, dan Komando antar komponen penyelenggara penanggulangan bencana, agar dapat diaplikasikan dengan baik demi proses penanganan darurat bencana yang sistematis, terpadu dan berkesinambungan.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Brebes mengatakan, kegiatan tersebut merupakan satu upaya untuk memperkenalkan lembaga BPBD Kabupaten kepada masyarakat khusunya kelompok masyarakat umum, sekaligus memberikan gambaran bahwa Kabupaten Brebes merupakan wilayah dengan tingkat kerawanan bencana yang tinggi, terutama yang berkaitan dengan bencana hidrologi. Selain itu pengerahan peserta diharapkan dapat menguatkan BPBD di Kabupaten Brebes.

"Hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman bagi kelompok masyarakat tentang eksistensi lembaga penanggulangan bencana di daerah dan pusat serta memberikan pijakan kemana harus melapor pada saat terjadi keadaan darurat bencana. Selain itu, untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan pertolongan, transportasi dan evakuasi," jelasnya.

Last Updated on Friday, 27 May 2016 11:42
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi