BPBD Provinsi Jawa Tengah

Jl. Imam Bonjol 1F Semarang | Tel. 024-3519927, 3519904 | email: bpbd@jatengprov.go.id

Aktifitas BPBD
Kembangkan Pusdalops Tanggap Darurat/SAR, BPBD Jateng Adakan Kegiatan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana Di Kabupaten Tegal
Kegiatan - Penanganan Darurat
Written by Rizky   
Thursday, 01 September 2016 08:02

Kegiatan dilaksanakan pada Hari Selasa, 30 Agustus 2016 bertempat di Aula SMKN 2 Slawi, Jl. Ahmad Yani, Slawi, Kab. Tegal.

Peserta kegiatan berasal dari Aparat Pemerintah Kabupaten, TNI/POLRI, aparat pemerintah Kecamatan dan Desa beserta perwakilan kelompok relawan dan LSM di Kabupaten Tegal.

Narasumber dan Instruktur yang hadir dan memberikan paparan terdiri dari Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cilacap, Kodim 0712/Tegal, Dinsosnakertrans Kab. Tegal dan PMI Tegal. Selain itu, kegiatan juga dipandu dan didampingi oleh Mercy Corps Indonesia.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Prov. Jawa Tengah mewakili Bapak Kalakhar BPBD Prov. Jawa Tengah. Paparan pertama oleh Kalak BPBD Kab. Tegal tentang peran relawan TRC PB Kabupaten Tegal dalam rangka penanganan darurat bencana, serta kemampuan dan kapasitas TRC PB di Kabupaten Tegal. Paparan yang kedua oleh narasumber dari BPBD Kabupaten Cilacap tentang Incident Command System dalam pelaporan kejadian bencana.

Simulasi Tim Reaksi Cepat (TRC) PB yang dipandu oleh BPBD Prov. Jawa Tengah dan Mercy Corps Indonesia dilakukan untuk menskenariokan keadaan darurat bencana banjir di Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Mekanisme pelaksanaannya sebagai berikut:

  1. Memperkenalkan Sistem Komando Tanggap Darurat (SKTD) Bencana kepada peserta sekaligus menunjuk personil yang berperan dalam SKTD dimaksud, yaitu: 1) Incident Commander beserta personel kesekretariatan dan Humas, 2) Bidang Perencanaan dan Seksi-seksinya, 3) Bidang Operasi dan seksi-seksinya dan 4) Bidang Logpal beserta seksi-seksinya. Selanjutnya memperkenalkan tugas-tugas masing-masing personel
  2. Menempatkan masing-masing bidang ke dalam ruangan yang berbeda dengan komunikasi melalui HT sekaligus memberikan tugas skenario kejadian banjir di Kecamatan Undaan.
  3. Melakukan tugas-tugas TRC dan mengisi form sesuai dengan Perka BNPB No. 09 Tahun 2008 tentang Prosedur Tetap Tim Reaksi Cepat Bencana.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman yang disertai contoh riil situasi keadaan darurat bencana, yaitu apa dan bagaimana yang harus dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota ketika terjadi keadaan darurat bencana. Dalam waktu singkat, peserta diberikan pemahaman bagaimana membentuk Komandan Lapangan, Struktur Organisasi berdasarkan klaster dan peran masing-masing klaster.

Dalam rangka perbaikan penyelenggaraan ke depan, agar sesi Academic Session (paparan narasumber) langsung menyampaikan tentang apa-apa yang dibutuhkan pada saat pengerahan TRC, diantaranya: Perhitungan kebutuhan dasar, perhitungan kebutuhan peralatan, jangka waktu pelaksanaan TRC sampai dengan pengkahiran, dsb.

 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi