Aktifitas BPBD
Kinerja BPBD Jateng Terbaik di Indonesia PDF Print E-mail
Monday, 28 February 2011 12:08

SEMARANG, KOMPAS.com - Upaya keras satuan tugas dalam penanganan para korban bencana Gunung Merapi, Jawa Tengah, telah menghantarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan utama dari Badan Penanggulangan Bencana Pusat.

Ketua Pelaksana Harian BPBD Jateng, Priyantono Djarot Nugroho, Senin (28/2/2011) mengabarkan, penghargaan utama ini begitu penting artinya karena dipersembahan bagi relawan dan satgas, yang telah berjuang dalam mengamankan dan mengevakuasi warga di daerah bencana Gunung Merapi di Kabupaten Magelang, Boyolali dan kabupaten Klaten.

Penghargaan yang diperoleh BPBD J ateng sebagai terbaik di Indonesia ini makin memacu untuk terus berkarya demi kemanusiaan. Tugas penanganan bencana ketika erupsi Gunung Merapi mulai 26 Oktober 2010 sampai banjir lahar dingin medio awal Februari 2011 menjadi pelajaran hidup paling berharga demi bekal tugas ke depan, ujar Djarot Nugroho.

Dalam peristiwa erupsi Gunung Merapi, di wilayah Jateng yang meliputi Kabupaten Magelang, Boyolali dan Kabupaten Klaten maupun Provinsi DI Yogjakarta tercatat terdapat 218 warga meninggal, lebih 600 orang luka-luka dan tak kurang 198.000 jiwa lebih telah mengungsi.

Untuk bencana banjir lahar dingin Gunung Merapi juga menyebabkan 246 rumah rusak berat dan roboh, lima sarana pendidikan rusak, sarana kesehatan juga rusak 29 jembatan ambruk dan empat unit bangunan dam sabo (dam penahan banjir) juga rusak.

Kompas, 28 Februari 2011

 

Last Updated on Saturday, 25 February 2012 10:12
 

NO. TLP POSKO

Pemohon Informasi

lapor_gub

Buku Disasbilitas

Petunjuk Unit LIDi

Pengaduan Masyarakat

lapor_gub

Informasi Publik

Statistik

Pelayanan Informasi