Bisnis · May 4, 2021

3 Pertanyaan Wajib Saat Riset Jasa Pindahan Rumah

Pindah rumah merupakan salah satu keputusan yang besar dan bisa menyebabkan stres tinggi. Oleh karena itu banyak orang memilih menggunakan jasa pindahan rumah untuk memudahkan kegiatan pemindahan mereka.

Akan tetapi ketika memilih jasa pindahan, pastikan Anda mengetahui bahwa jasa tersebut memang adalah jasa yang profesional. Guna memastikan bahwa jasa pindahan Anda adalah jasa terpercaya, berikut ini adalah 3 pertanyaan wajib untuk Anda tanyakan pada jasa pindahan tersebut.

Apakah Anda memiliki lisensi?

Auto Draft

Memilih jasa pindahan yang baik dan berkualitas sangat penting untuk memastikan barang-barang Anda sampai di tempat tujuan dalam kondisi utuh dan sempurna. Akan tetapi bukan hanya itu saja, menghindari jasa abal juga bisa membantu Anda untuk melindungi barang pindahan agar tidak dilarikan oleh jasa pindahan abal tersebut.

Salah satu cara mendeteksi apakah jasa pindahan yang akan Anda gunakan adalah jasa yang terpercaya atau tidak bisa dilihat dari nomor surat izin usahanya. Sebuah perusahaan pindahan profesional biasanya akan mendaftarkan usaha mereka sehingga mendapatkan surat izin usaha ini.

Biasanya jasa pindahan profesional juga akan memberikan informasi mengenai nomor surat izin usahanya. Tujuannya adalah konsumen lebih percaya dan merasa aman saat menggunakan jasa tersebut. Salah satu sumber informasi tempat Anda bisa akses nomor surat izin ini adalah dari website jasa pindahan tersebut.

Apakah Anda memiliki pengalaman untuk menangani permintaan pindahan khusus?

Setiap kasus pindahan mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya. Jika Anda memiliki requirement khusus dalam pindahan Anda, pastikan jasa pindahan rumah pilihan Anda punya pengalaman dalam memenuhi kasus unik tersebut.

Contohnya ketika Anda akan pindah dari rumah biasa ke apartemen lantai tinggi. Jika dilihat sekilas, pemindahan barang dari rumah biasa ke apartemen tinggi mungkin tidak banyak berbeda. Akan tetapi seorang jasa pindah rumah profesional dan berpengalaman pasti tahu bahwa ada banyak keterbatasan saat akan memindah barang ke apartemen lantai tinggi.

Contohnya adalah saat Anda akan memindahkan barang dengan ukuran besar seperti lemari besar atau sofa besar. Lemari atau sofa dengan ukuran besar mungkin tidak bisa masuk ke dalam lift sehingga akan dibutuhkan peralatan khusus untuk menangani kasus pindahan spesifik ini.

Apakah jasa pindahan rumah Anda menawarkan asuransi?

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam proses pindah Anda. Meskipun Anda telah menggunakan jasa pindahan yang profesional masalah yang tidak diharapkan seperti kecelakaan saat pemindahan barang sangat mungkin terjadi.

Masalah yang tidak diharapkan ini bisa menyebabkan kerusakan pada barang Anda saat dipindahkan. Oleh karena itu jika Anda ingin memastikan bahwa barang Anda sampai ke tempat tujuan dalam kondisi selamat, pastikan Anda memilih jasa pindah rumah yang menawarkan asuransi.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kecelakaan tidak diharapkan dan bisa terjadi pada jasa mana saja. Akan tetapi jika jasa pindahan rumah Anda menawarkan asuransi, masalah kerusakan ini tentu akan di cover oleh asuransi jadi Anda tidak perlu khawatir.

Jasa pindah barang yang profesional umumnya memang memberikan layanan asuransi ini. Tapi jika Anda ingin menggunakan jasa pindahan tanpa asuransi dengan alasan tertentu, Anda juga bisa menggunakan pembayaran asuransi pihak ketiga.

Pertanyaan di atas wajib diajukan saat akan memilih jasa pindahan. Jawaban hasil pertanyaan ini nantinya bisa digunakan sebagai referensi dan pertimbangan dalam menentukan mana jasa pindahan rumah terbaik untuk proses pindahan Anda.