Makanan · June 24, 2021

5 Jajanan Khas Jateng Paling Populer Cocok untuk Oleh-oleh

Saat berkunjung ke Jawa Tengah, tidak lengkap rasanya jika tidak hunting makanan khas daerah yang populer. Bisa dikatakan jika Jawa Tengah adalah salah satu daerah yang memiliki beragam jenis jajanan yang istimewa, lezat dan cenderung terjangkau.

Nah, kali ini akan dibahas tentang beberapa jajanan ala Jawa Tengah yang cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh. Apa itu?

1. Getuk

Auto Draft

Pernah mendengar tentang jajanan yang satu ini? Memang, getuk tidak hanya bisa ditemukan di Jawa Tengah saja. Di daerah lain seperti Yogyakarta, kamu pun akan menemukan sajian yang satu ini. Namun, memang, getuk berasal dari Jawa Tengah.

Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar tepung singkong yang dicampur aneka bumbu. Getuk hadir dengan warna-warni yang sangat cantik dan memiliki rasa cenderung manis. Nantinya, getuk akan disajikan dengan tambahan parutan kelapa yang gurih.

Tidak hanya itu, di Jawa Tengah, ada variasi getuk goreng yang juga unik. Nah, kamu bisa mencoba aneka getuk ini dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh!

2. Lumpia Semarang

Auto Draft

Lumpia memang menjadi sajian khas Semarang yang begitu terkenal di berbagai kalangan. Namun, kamu juga bisa mendapatkan sajian ini di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Nah, lumpia termasuk jajanan populer Jawa Tengah yang kerap dicari untuk disantap di sore hari. Menikmati lumpia sambil minum teh di sore hari tentu akan terasa sangat nikmat.

Umumnya, lumpia dibuat dari tepung untuk bagian kulit lalu dicampur rebung dan telur untuk isian. Kemudian, lumpia digoreng hingga kering dan disajikan dengan saus atau cabai. Namun, saat ini, ada cukup banyak variasi isian lumpia, mulai dari sayur hingga daging. Tidak hanya itu, di Jawa Tengah, juga ada variasi lumpia lain yang populer dan bisa dicoba, yaitu lumpia basah.

3. Tahu Petis

Auto Draft

Rekomendasi lain untuk jajanan yang populer di Jawa Tengah yang nikmat untuk disantap dan cocok untuk oleh-oleh khas adalah tahu petis. Seperti namanya, sajian ini adalah menu tahu yang kemudian dicampurkan dengan sambal petis yang pedas dan nikmat.

Sajian tahu petis dibuat dengan tahu pong yang tidak terlalu padat dan memiliki rasa sedikit asin. Nah, rasa asli tahu yang agak asin dan dicampur kuah petis yang pedas manis, tentu akan memberikan cita rasa yang begitu mengesankan. Terlebih, jajanan khas ini tergolong mudah didapatkan dan murah.

4. Tempe Mendoan

Auto Draft

Tidak dimungkiri bahwa tempe mendoan adalah sajian yang sangat mudah ditemukan di mana-mana. Namun, ketika kamu berada di Jawa Tengah, maka kamu akan menemukan tempe mendoan yang berbeda dari tempat lainnya. Ya, tempe mendoan yang juga disebut tempe kemul ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar.

Tempe mendoan khas Jawa Tengah memiliki ukuran sekitar telapak tangan. Selain itu, tempe mendoan akan digoreng setengah matang dan disajikan selagi hangat dengan campuran sambal kecap yang begitu khas. Memakan satu saja tempe mendoan asal Jawa Tengah bisa membuat kamu kekenyangan!

5. Dawet Ireng

Auto Draft

Dawet memang merupakan minuman tradisional yang cukup digemari banyak kalangan. Nah, di beberapa daerah di Jawa Tengah, ada sajian dawet yang begitu khas dan populer, namanya dawet ireng.

Seperti namanya, dawet ini menggunakan cendol berwarna hitam pekat yang unik. Tidak ada isian lain selain cendol tersebut dan kuah santan serta air gula merah. Meskipun terlihat kurang berwarna, dawet ireng memiliki rasa yang nikmat dan sangat menyegarkan, terutama jika diminum di siang hari yang panas.