Kesehatan · April 27, 2021

5 Makanan yang Baik di Makan Saat Sedang Sakit

“Kesehatan adalah nikmat dari yang maha kuasa”. Agaknya, kalimat tadi bukanlah sekedar ungkapan kosong belaka. Buktinya? Saat kita sedang sakit, semua hal menjadi amat terbatas. Mulai dari aktifitas yang bisa dikerjakan, hingga harus memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit.

Setiap orang pasti pernah sakit. Kamu tentu juga pernah mengalaminya bukan? Entah itu parah ataupun tidak terlalu parah, nyatanya penyakit bukanlah hal yang bisa disepelekan. Maka dari itu, pasien harus segera mendapatkan pengobatan, dan juga harus harus mendapatkan pengawasan agar hanya mengonsumsi makanan yang aman untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit.

Anda sedang kurang enak badan? Atau, dirumah Anda sedang ada keluarga yang sedang sakit? Hal tersebut agaknya wajar dan manusiawi. Tapi, apakah anda sudah mengetahui tentang 5 jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit? Bila belum, simak artikel ini yuk!

5 Makanan yang Baik di Makan Saat Sedang Sakit

Makanan Lembut Semisal Bubur

Orang yang sakit cenderung akan kesulitan dalam mencerna makanan. Untuk itu, ada baiknya bila Anda menghidangkan makanan yang bertekstur lembut, semisal bubur. Ingin agar rasanya lebih enak? Sajikan saja dalam suhu hangat! Selain dapat membantu pemulihan badan, terkadang bubur pun bisa mengembalikan semangat loh!

Makanan dari Alam Semisal Buah-buahan

Tuhan itu maha adil. Ia menciptakan penyakit di dunia, dan menurunkan pula obatnya. Meskipun pada kenyataannya, terdapat pengecualian untuk hal menua dan kematian sih. Namun begitu, Tuhan telah memberikan rahmatnya dan menumbuhkan tanaman yang mampu menghasilkan buah-buahan untuk dikonsumsi oleh manusia.

Banyak konsumsi buah dapat membantu kalian terlihat lebih muda. Hal ini karna sebagian buah dipercaya dapat menghilangkan bintik hitam di wajah kalian loh.

Tapi sebelum mengonsumsi buah, sebaiknya perhatikan kembali ya jenis buahnya! Sebab, tidak semua buah cocok untuk orang yang sedang sakit. Ingin contoh? Oke. Jangan sekali-kali memberikan buah durian ke orang sakit. Pokoknya jangan!

Sajian Sup Ayam Atau Sup Sayur Mayur

Berdasarkan pengalaman pribadi, mengkonsumsi sup saat sakit dapat membantu tubuh menjadi lebih segar. Usut punya usut, mungkin penyebabnya karena kandungan zat gizi yang terkandung di dalamnya mungkin ya?

Tapi bila diperhatikan lagi, mengonsumsi sup sama saja dengan menambah asupan cairan ke dalam tubuh, yang mampu menyegarkan sekaligus mengembalikan cairan yang terbuang lewat keringat saat sakit. Pernah menyimak saran dokter yang menyebutkan agar kita memperbanyak konsumsi air putih? Bila kamu sedang sakit dan ingin tetap nurut dengan saran dokter, mungkin ada baiknya bila kamu mengonsumsi sup saat sakit.

Air Teh Hangat Atau Air Bening Hangat

Di musim hujan seperti sekarang, penyakit yang paling rentan menyerang adalah penyakit flu dan sakit tenggorokan. Meskipun sepele, ternyata penyakit tadi juga harus diberikan perlakuan khusus loh agar bisa lebih cepat sembuh!

Selain mampu mengecilkan pori-pori wajah yang terlihat besar, teh hangat yang diseduh mengandung antioksidan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh, sekaligus melegakan saluran pernafasan yang tersendat. Tak begitu suka dengan keduanya? Air perasan jeruk lemon hangat juga boleh kok! Yang penting kamu suka, dan kondisimu cepat membaik!

Kue Bolu Dan Roti

Selain penyakit flu, nyatanya banyak masyarakat jakarta yang memiliki penyakit maag. Kamu juga senasib? Kalau begitu, sebaiknya kamu selalu menyediakan kue bolu dan roti agar tidak membuat penyakit maag yang kamu derita menjadi kambuh.

Selain dapat menjadi pengganjal di perut, kedua makanan tadi juga mampu menstabilkan organ pencernaan. Namun tetap saja, makannya harus tau takaran porsi ya! Jangan sampai terlalu sedikit, dan jangan terlalu over saat mengkonsumsinya demi kesembuhan.

Oke, itulah tadi artikel singkat tentang beberapa jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi orang yang sedang sakit, terima kasih telah menyimak, sampai jumpa ya!