Internet · July 16, 2021

5 Manfaat Olahraga

Semua orang tahu bahwa olahraga itu penting namun amat jarang orang benar-benar melakukannya. Olahraga bisa memelihara fungsi organ sampai meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh dan juga memperkuat imun. Olahraga memiliki manfaat tidak hanya dari sisi jasmani saja namun juga dari sisi kesehatan mental.

Olahraga adalah cara paling sederhana untuk memastikan kesehatan tubuh kita yang sayangnya sering diabaikan. Padahal dengan berolahraga, nantinya tubuh akan aktif bergerak dan kesehatan pun dapat diraih.

5 Manfaat Olahraga

Olahraga mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh kita berapapun usia anda saat anda olahraga maka manfaat yang bisa anda dapatkan diantaranya:

 

1. Mencegah jantung koroner dan stroke

Jantung koroner adalah pembunuh no.1 di dunia dan dengan melakukan olahraga maka nantinya otot jantung akan terjaga kekuatannya. Plak penyumbat pembuluh darah di jantung akan hilang dan kadar kolesterol akan menurun. Jadikanlah olahraga sebagai pengobatan dan juga pencegahan masalah kardiovaskular seperti jantung dan juga stroke.

 

2. Mengurangi kadar gula darah

Olahraga dapat menjaga gula darah tetap stabil khususnya penderita diabetes tipe 2. selain itu dengan berolahraga secara rutin pada pagi hari dapat mencegah seseorang dari masalah resistensi insulin yang menjadi pemicu diabetes.

 

3. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi pemicu masalah kesehatan lainnya maka dengan olahraga maka nantinya tekanan darah akan menjadi stabil. Olahraga yang dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah berenang, bersepeda, joging dan juga yoga.

 

4. Menjaga berat badan

Melakukan aktivitas olahraga dapat menghilangkan timbunan lemak yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi stabil. Tentunya seseorang harus menjadikan olahraga menjadi bagian dari gaya hidup. Dengan adanya aktivitas fisik maka nantinya metabolisme tubuh akan berjalan dengan normal dan hasilnya berat badan akan terjaga.

 

5. Panjang umur

Seseorang yang rajin olahraga sejak muda maka akan mendapatkan kesehatan yang baik saat lansia. Beragam olahraga seperti jalan santai, berenang, senam lansia, dan lainnya telah terbukti dapat membuat tubuh bugar di masa tua.