Pendidikan · April 14, 2021

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Bingung

Apakah pembaca dalam masa mencari jurusan kuliah atau baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/K) dan ingin masuk ke perguruan tinggi namun masih bingung dengan jurusan yang diminati? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba, apabila Anda masih merasa bingung memilih jurusan di perguruan tinggi. 

1. Pahami Minat dan Passion Kamu 

Minat serta passion merupakan dua hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih jurusan kuliah. Dengan mengetahui minat serta passion yang dimiliki oleh diri Anda, dapat mempermudah ketika memilih jurusan kuliah, pilihlah jurusan perguruan tinggi dengan bidang yang Anda sukai atau minati. Dengan begitu, selama proses belajar Anda akan lebih berkembang sebab siapa yang tak suka mempelajari bidang yang diminati bukan? 

2. Melakukan Riset Ketika Mencari Jurusan 

Riset merupakan salah satu hal penting. Anda dapat membuat list atau daftar beberapa jurusan yang Anda minati, kemudian lakukan riset atau carilah tahu setiap jurusan tersebut. mulai dari mata kuliah apa saja yang akan Anda pelajari, prospek kerja dan lain-lain. Setelah melakukan riset dan mengetahui jurusan tersebut  lebih detail, Anda dapat menyeleksi satu persatu jurusan yang ada dalam daftar Anda. Jangan terlewat, lakukan riset pada perguruan tinggi yang Anda tuju, seperti akreditasi, kebijakan birokrasi, kualitas jurusan di perguruan tinggi tersebut dan lain sebagainya. 

3. Mengetahui Kemampuan Di Sekolah Lewat Nilai 

Mengetahui kemampuan Anda melalui nilai yang didapatkan selama sekolah dapat membantu Anda memilih jurusan yang sesuai dengan kualifikasi nilai Anda. Lihatlah nilai Anda yang paling bagus, bisa jadi melalui nilai tersebut, disitulah bakat Anda. Pilih jurusan yang sesuai dengan kualifikasi nilai yang diminta oleh perguruan tinggi. 

4. Mengetahui Keuntungan Serta Konsekuensi 

Anda harus perhatikan konsekuensi yang akan Anda jumpai apabila memilih jurusan tersebut, entah dalam proses praktik satu mata kuliah atau beberapa mata kuliah yang mungkin Anda rasa sedikit sulit. Dengan mengetahui konsekuensi dari jurusan pilihan Anda lebih awal, Anda akan lebih siap menghadapi konsekuensi tersebut ketika perkuliahan telah dimulai. Selain konsekuensi Anda juga perlu mengetahui keuntungan dari memilih jurusan tersebut. 

5. Memilih Perguruan Tinggi 

Pilihlah perguruan tinggi yang memiliki akreditasi baik pada jurusan pilihan Anda. Selain akreditasi pilihlah perguruan tinggi yang dikenal memiliki alumni yang bekerja di berbagai bidang, hal tersebut nanti akan mempermudah Anda untuk mencari relasi. Satu hak yang tak kalah penting, Anda harus memperhatikan kebijakan perguruan tinggi, bagaimana proses perkenalan mahasiswa baru serta hal-hal lain, sehingga Anda tahu bagaimana kebijakan kampus tentang mahasiswa atau studi Anda. 

6. Pertimbangkan Biaya Kuliah 

Biaya studi merupakan hal yang penting, selain uang kuliah tunggal yang ditetapkan oleh perguruan tinggi melalui data pokok mahasiswa adalah biaya kebutuhan hidup apabila Anda memilih perguruan tinggi yang berada di luar kota maupun luar negeri. Pertimbangkanlah apakah biaya kuliah tunggal serta biaya hidup tidak memberatkan orang tua, atau carilah beasiswa agar meringankan orang tua. 

7. Konsultasi Pilihan Jurusan Dengan Orang Terdekat

Tips terakhir dari penulis adalah tips paling penting. Konsultasikan pilihan-pilihan jurusan mu dengan orang terdekat, orang tua atau orang yang sudah berpengalaman mengambil jurusan tersebut. Konsultasikan keuntungan, konsekuensi serta pilihan perguruan tinggi dan mintalah saran kepada mereka. Mintalah pendapat jurusan atau perguruan tinggi mana yang dapat membuka peluang-peluang mu yang lain.