Bisnis · July 10, 2021

Analisa Usaha Rumah Potong Ayam dan Peluang Bisnisnya

Daging ayam sepertinya menjadi salah satu daging yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Tidak heran, daging yang satu ini selain enak, harganya juga tidak terlalu mahal. Nah, pada artikel kali ini saya akan membagikan analisa usaha rumah potong ayam dan peluang bisnisnya.

Analisa Usaha Rumah Potong Ayam

Mencari Supplier Ayam

Untuk menjalankan bisnis ayam, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari pemasok ayam. Jenis ayam yang biasa dijual adalah ayam sayur. Ayam sayur beda dengan ayam kampung. Ayam sayur adalah jenis ayam yang khusus dijual dagingnya. Selain ayam sayur, terdapat juga ayam yang cuma diambil telurnya saja. Namun untuk kali ini masakan yang dibahas merupakan ayam potong, sehingga bagi pemilik usaha ayam harus mencari supplier ayam sayur.

Dengan menemukan supplier ayam sayur, Anda bisa semakin mudah dan mudah menjalankan bisnis ayam karena bahan-bahan yang Anda jual sudah disediakan oleh supplier. Untuk menemukan supplier ayam sayur, Anda tidak boleh sembarangan memilihnya. Anda wajib mencari supplier yang benar-benar terpercaya agar bisnis ayam yang Anda jalankan bisa berjalan dengan lancar.

Analisa Usaha Rumah Potong Ayam dan Peluang Bisnisnya

Memotong Ayam dengan Benar

Bagi Anda yang menjalankan bisnis ayam, Anda harus bisa memotong ayam dengan benar. Pemotongan ayam tidak dilakukan sembarangan. Mengenai informasi tentang cara memotong ayam dengan benar, Anda dapat memperbanyak informasi secara langsung maupun tidak langsung.

Bagi kalian yang ingin menambah informasi secara langsung, Anda bisa bertanya kepada pemilik usaha ayam yang sudah menjalankannya. Namun jika anda tidak memiliki keberanian untuk bertanya, maka anda bisa memperbanyak informasi tentang cara untuk memotong ayam yang benar dengan mencari informasi di internet.

Gunakan mesin pencabut bulu ayam dan mesin pembuat pakan ayam untuk mempermudah dalam memulai bisnis rumah potong ayam.

Menjual Ayam Potong Sesuai Harga Pasaran

Ayam potong yang harga jualnya yang tidak pasti tidak boleh dijadikan sebagai bahan untuk menipu setiap pembeli ayam yang anda jual. Anda harus menjual potongan ayam sesuai dengan harga pasar. Jangan menaikkan harga ayam potong per kg terlalu tinggi, alhasil akan membuat konsumen anda kabur dan tidak akan kembali lagi untuk beli ayam potong yang anda jual.

Menimbang dengan Jujur

Menjalankan usaha ayam tentunya dijual dengan tarif per kg. Untuk itu setiap dosis harus ditimbang dengan tepat. Jangan curang dalam proses penimbangan karena ini adalah hal buruk yang harus kalian hindari. Selalu lakukan penimbangan dengan jujur ​​selama tidak mengurangi hak pembeli.

Melakukan Pemasaran

Bisnis pemotongan ayam jika dibiarkan tentu tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. Untuk itu kalian harus menentukan metode pemasaran yang tepat dan sesuai dengan prinsip anda. Pemasaran usaha ayam pedaging ini bisa Anda lakukan dengan 2 cara, bisa dipastikan memasarkan ayam secara langsung ke setiap konsumen yang lewat atau memasarkannya secara tidak langsung dengan memakai media internet. Internet saat ini sering dijadikan warung oleh setiap pebisnis karena keuntungan yang didapat sangat menjanjikan serta masyarakat akan lebih cepat mengetahuinya.

Menentukan Lokasi Bisnis Ayam Potong

Setelah Anda memperhatikan semua hal di atas, hal terpenting berikutnya yang perlu kalian lakukan adalah menemukan lokasi penjualan ayam potong. Usaha ayam potong memerlukan lokasi yang strategis agar usaha yang dijalankan mudah dijangkau oleh masyarakat. Lokasi yang sering digunakan masyarakat untuk menjalankan usaha ayam biasanya adalah pasar. Padahal terdapat beberapa lokasi lain yang bisa dijadikan tempat usaha ayam asalkan lokasinya strategis dan mudah ditemui.

 

Itulah pembahasan kali ini tentang analisa usaha rumah potong ayam dan peluang bisnisnya. Semoga bermanfaat.