Kesehatan · October 15, 2021

Apakah Obat Antidiabetes Glimepiride Lebih Baik daripada Metformin?

Glimepiride adalah obat resep yang sering digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Obat ini termasuk dalam golongan obat antidiabetes sulfonilurea. Ia bekerja dengan merangsang pelepasan insulin dari pankreas dan juga menurunkan produksi glukosa di hati. Efek samping yang paling umum adalah kadar gula darah rendah dan penambahan berat badan, tetapi ada juga beberapa efek samping lain yang kurang umum seperti reaksi kulit atau masalah ginjal.

Glimepiride biasanya dapat diminum sekali sehari sebelum tidur hingga 6 bulan jika perlu. Bicarakan dengan dokter atau apoteker Anda yang akan membicarakan tentang dosis dan lama penggunaan obat ini dengan Anda secara lebih rinci. Anda tidak boleh mengemudi jika Anda merasa mengantuk, pusing atau bingung setelah minum obat ini.

Auto Draft

Obat hanya dapat diperoleh dengan resep dokter dan tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan kecuali Anda sudah menggunakan Metformin. Namun, beberapa pasien yang perlu mengubah pengobatan diabetes mereka mungkin memutuskan untuk beralih ke obat antidiabetes sulfonilurea, Glimepiride karena beberapa alasan: pertama, lebih mudah dikonsumsi daripada Metformin. Kedua, obatnya bisa diminum sekali sehari sebelum tidur dan tidak seperti metformin, tidak perlu makan apa pun sebelum minum obat Glimepiride. Ketiga, obat Glimepiride memiliki risiko lebih rendah menyebabkan diare dibandingkan Metformin.

Untuk beberapa pasien, obat Glimepiride mungkin lebih baik daripada obat lain di kelasnya (misalnya, glyburide dan pioglitazone) karena mungkin memiliki risiko lebih rendah menyebabkan kenaikan berat badan dan gula darah rendah.

Namun, obat Glimepiride mungkin lebih mahal daripada metformin bagi sebagian orang, tergantung pada cakupan asuransi mereka. Sehingga pasien mungkin memutuskan untuk beralih ke obat Glimepiride karena memiliki risiko lebih rendah menyebabkan masalah ginjal daripada Metformin.

Kesimpulannya, obat antidiabetes Glimepiride dan Metformin adalah dua obat resep yang sering digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Mereka bekerja dengan cara yang berbeda dan akibatnya mereka memiliki manfaat dan efek samping yang berbeda. Terserah pasien untuk memutuskan bersama dengan dokternya apakah obat antidiabetes Glimepiride atau Metformin akan lebih bermanfaat baginya.

Obat antidiabetes Glimepiride banyak dijual di pasaran termasuk di apotek. Harga Glimepiride 2 mg memang lebih mahal dibandingkan dengan obat antidiabetes Metformin, namun sebanding dengan efektivitasnya.