Elektronik · June 9, 2021

Aturan Penyimpanan Makanan Sisa di Kulkas Agar Lebih Aman

Banyak orang yang menyimpan makanan sisa di kulkas terlalu lama karena dianggap tetap aman dikonsumsi. Meski begitu terkadang lemari pendingin tidak bekerja maksimal, Anda bisa memperbaikinya ke jasa service kulkas terpercaya seperti Dewi Tehnik.

Karena terlalu banyak makanan sisa yang disimpan di dalam kulkas akhirnya lupa untuk dikonsumsi kembali. Kebiasaan ini sangat disayangkan karena makanan menjadi mubadzir tidak habis dikonsumsi.

Aturan Penyimpanan Makanan Sisa di Kulkas Agar Lebih Aman

Meski bisa diawetkan melalui kulkas, perlu diketahui bahwa setiap makanan memiliki jangka waktu konsumsi yang berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa aturan yang sebaiknya diperhatikan ketika menyimpan makanan dalam kulkas.

Aturan Penyimpanan Makanan Sisa di Kulkas

  • Waktu Penyimpanan

Durasi waktu untuk mengkonsumsi makanan sisa yang paling aman adalah 3-4 hari. Jangka waktunya memang pendek, hal tersebut karena makanan sisa biasanya merupakan campuran dari berbagai jenis makanan yang beresiko tumbuh bakteri.

Setelah disimpan dari kulkas juga sebaiknya makanan sisa tersebut dihangatkan kembali pada suhu 74 derajat celcius. Jangan terlalu lama menyimpan makanan dalam kulkas karena khawatir tumbuhnya bakteri hingga toxin penyebab sakit diare.

  • Menghangatkan Makanan Sisa

Tentunya setiap makanan sisa wajib dihangatkan atau dimasak ulang ketika hendak dimakan. Tujuannya agar bakteri yang sempat tumbuh bisa langsung mati. Sayangnya makanan sisa yang dihangatkan itu nutrisinya akan berkurang jauh.

Pastikan kulkas berjalan normal memberikan efek dingin maksimal, jika dirasa kurang dingin bisa menggunakan service kulkas sebagai solusinya.

  • Simpan di Freezer

Makanan sisa itu rencananya akan dikonsumsi kembali, tapi mungkin lebih dari 3-4 hari ke depan. Maka sangat disarankan untuk menyimpannya di freezer agar lebih tahan lama.

Hindari menyimpan makanan yang masih hangat langsung dalam freezer. Sebaiknya tunggu hingga makanan menjadi dingin di luar kulkas, kemudian simpan dulu di bagian kulkas bawah. Barulah setelah itu bisa Anda simpan pada freezer.

  • Pertumbuhan Bakteri

Ada sebuah zona berbahaya ketika makanan sisa disimpan dengan suhu 4,4 derajat celcius hingga 60 derajat celcius. Kisaran suhu tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri yang sangat tinggi.

Hindari mendinginkan atau mencairkan makanan sisa pada zona ini, lebih disarankan untuk menggunakan microwave atau bisa dipanggang.

Perbaikan kulkas juga sebaiknya segera dilakukan ke tukang service kulkas agar bisa menyimpan makanan sisa lebih aman.