Uncategorized · March 30, 2021

Benarkah Orang Bertato Tak Boleh Donor Darah ? Yuk, Simak Penjalasannya

Anda tentunya pernah mendengar bahwa orang bertato tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan donor darah. Kira – kira benar atau tidak ya ? Nah untuk mengetahui kebenarannya. Sebaiknya anda perlu mengetahui Apa saja syarat untuk melakukan donor darah terlebih dahulu. Untuk mengetahui apa saja syaratnya, yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Syarat – Syarat Donor Darah

 Syarat Donor Darah

Bagi anda yang ingin melakukan donor darah untuk keluarga, anda perlu mengetahui syarat – syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan kegiatan donor darah. Apa saja syaratnya ? berikut ini merupakan beberapa persyaratan dalam melakukan donor darah, antara lain :

  • Syarat pertama dan utama yang wajib dipenuhi yaitu mempunyai kondisi fisik yang sehat. (Tidak sedang dalam keadaan sakit)
  • Mempunyai umur mulai dari 17 th hingga 60 th. Bagi anda yang sedang berumur 17 th namun ingin melakukan donor darah maka perlunya untuk meminta izin terlebih dahulu kepada orang tua.
  • Mempunyai berat badan dengan minimal 45 kg.
  • Mempunyai suhu tubuh antara 36,6 hingga 37,5 derajat celcius.
  • Mempunyai tekanan darah antara 100 hingga 160 untuk tekanan maksimal jantung ketika berkonstraksi. Sedangkan tekanan darah ketika jantung beristirahat yaitu antara 70 hingga 100.
  • Mempunyai denyut nadi antara 50 hingga 100 kali per menit
  • Mempunyai hemoglobin dengan minimal sebesar 12 gr/dl bagi perempun dan 12,5 gr/dl bagi laki – laki.

Anda dapat melakukan kegiatan donor darah dalam lima kali dalam setahun atau sekurangnya yakni tiga bulan. Sebelum melakukan kegiatan donor darah anda dapat mengisi formulir pendaftaran dan setelah itu melakukan pemeriksaan seperti golongan darah, HB, berat badan dan pemeriksaan lainnya. Selain persyaratan donor darah diatas, anda juga perlu memahami persyaratan dibawah ini. Mari kenali persyaratannya apa saja ?

  • Bagi anda yang sedang menjalani pengobatan dengan menggunakan resep antibiotik, maka anda perlu menghabiskan resep antibiotik tersebut terlebih dahulu, sebelum anda melakukan kegiatan donor darah.
  • Bagi anda yang sedang menjalani haid, maka tunggulah hingga darah menstruasi tersebut selesai. Setelah menstruasi anda selesai, anda dapat melakukan kegiatan donor darah. Namun apabila belum, harap tunggu. Hal itu dilakukan untuk mengurangi resiko anemia.
  • Bagi anda yang sedang menjalani puasa diperbolehkan melakukan kegiatan donor darah. Namun, yang perlu diperhatika yaitu ketika anda sedang puasa melakukan kegiatan donor darah maka dapat beresiko mengalami pingsan. Hal itu dapat terjadi karena ketika anda berpuasa kesehatan tubuh anda dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi.
  • Bagi anda yang mempunyai tato, maka anda perlu menunggu tato anda hingga satu tahun terlebih dahulu.
  • Bagi anda yang sedang mempunyai sakit flu dan batuk, maka anda perlu menyembuhkan penyakit tersebut terlebih dahulu.
  • Bagi anda yang sedang mempunyai sakit yang kronis misalnya jantung maupun diabetes, maka anda tetap dapat melakukan kegiatan donor darah asalkan kondisi tubuh anda stabil.
  • Bagi anda yang sedang mempunyai sakit menular seksual. Misalnya gonore maupun afilis dalam waktu 12 bulan terakhir. Maka anda perlu menunggu waktu 12 bulan tersebut telah selesai, dan setelah itu anda dapat melakukan kegiatan donor darah.

Jadi, Orang Bertato itu Boleh untuk Donor Darah atau Tidak ?

Jadi Orang bertato

Bagi anda yang mempunyai tato, Namun anda ingin untuk melakukan kegiatan donor darah tak perlu lagi khawatir, takut ataupun cemas ? karena sebenarnya orang bertato diperbolehkan untuk melakukaan kegiatan donor darah ketika seseorang tersebut telah memenuhi syarat dan juga tato dalam tubuh seseorang telah berumur satu tahun lebih. Kenapa anda perlu menunggu waktu selama satu tahun lebih ? karena semua benda yang masuk di dalam tubuh seseorang dapat membawa dampak pada system kekebalan tubuh seseorang. Selain membawa dampak pada system kekebalan tubuh seseorang, tato tersebut juga dapat membawa racun. Sehingga perlunya anda menunggu waktu selama satu tahun lebih. Sehingga anda dapat melakukan kegiatan donor darah.

Meskipun belum adanya standar keamanan kesehatan pada tubuh seseorang yang mempunyai tato. Jadi, anda tetap bisa mendonorkan darah anda setelah anda memenuhi persyaratan yang ada serta tato anda telah berusia satu tahun lebih.

Kunjungi Informasi Bisnis dan Informasi Pendidikan di blog kami yang lain