Hiburan · September 16, 2022

Biodata Vincent Raditya, Youtuber dan Pilot Ganteng

Ketampanan seorang pilot Vincent Raditya mampu membuat banyak orang terutama kaum hawa mendambanya. Lahir di Jakarta, 7 November 1984, Vincent Raditya bekerja sebagai pilot di salah satu perusahaan penerbangan yang juga memiliki sekolah pilot, serta aktif juga sebagai seseorang yang aktif menjadi Youtuber.

Vincent telah menjadi pilot maskapai penerbangan dengan rating Airbus A320 semenjak tahun 2010. Ia telah menjajal pesawat milik Batavia Air dari tahun 2010-2012, Citilink 2012-2014, dan Batik Air 2014-sekarang. Vincent telah menggeluti dunia vlogger dengan merekam segala kegiatan yang berbau dunia penerbangan dan telah memiliki 3,2 juta subscriber dengan 376 video yang telah diuploadnya.

Awal mula, Vincent sempat menikah dengan Vegen Acni dan dikaruniai dua anak yang bernama Verill dan Vilove Christian. Setelah menikah dengan Vegen, Vincent pun menikah dengan Novita Condro dan telah dikaruniai satu anak laki-laki yang bernama Dexter Aditya dan baru saja dikaruniai anak perempuan bernama Gracelyn.

Vincent sangat aktif membagikan kegiatan dan pengetahuannya dalam dunia penerbangan, baik seorang diri atau mengajak collab dengan beberapa artis kenamaan, seperti Ria Ricis, Baim Wong, Miss Indonesia, Glenn Alinskie, dan masih banyak yang lainnya. Ia tak hanya men]liput tentang dunia penerbangan dan ilmu yang dimilikinya tentang dunia penerbangan, tapi juga terkadang melakukan aktivitas lain seperti surfing dan playdate sang anak bersama anak artis.

Berita pertama yang membuat namanya terkenal adalah ketika terjadi Gempa Bumi dan Tsunami Palu pada 28 September 2018. Kapten Vincent sempat melakukan siaran pagi hari sebelum terjadinya bencana di Tower Pemandu Lalu Lintas Udara di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu. Ia pun sempat bercerita mengenai salah satu pegawai lalu lintas yang gugur dalam pekerjaan demi membantu pesawat Kapten Vincent mendarat sebelum gempa dan tsunami terjadi.

Kapten Vincent pun juga sempat angkat bicara tentang kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 yang terjadi pada 29 Oktober 2018. Ia mendapat banyak pertanyaan tentang keamanan terbang dari maskapai Lion Air, akhirnya Kapten Vincent pun menyentil kondisi maintenance atau masalah pemeliharaan pesawat Lion Group. Hingga akhirnya banyak teman-temannya yang mengubah tiket penerbangan yang telah mereka beli ke Batik Air, tempat di Vincent bekerja.

Keberuntungan dan juga keberhasilan Kapten Vincent ini membuahkan hasil luar biasa dengan mampu membeli pesawat Cessna 172 pada 10 Maret 2019 dari hasil kerjanya sebagai Youtuber. Bisa dibayangkan bukan berapa penghasilan Kapten Vincent dalam sekali upload vlog?

Nah beritanya yang paling menjadi perbincangan netizen adalah ketika dirinya berhasil membuat seorang Master Limbad membuka suara yang selama ini disembunyikannya. Seperti diketahui bahwa Kapten Vincent sering melakukan Zero Gravity dengan beberapa artis. Kali ini ia berkolaborasi dengan Limbad pada awal tahun 2019 dan membuat Master Limbad membuka suara saat Kapten Vincent melakukan Zero Gravity secara mendadak yang mampu membuat jagat raya ramai akan hal tersebut.

Kegemaran Kapten Vincent melakukan Zero Gravity, memang menimbulkan banyak pro kontra. Selain karena pekerjaannya yang menjadi seorang pilot, tapi mengapa ia berani melakukan Zero Gravity yang juga masih diragukan akan lisensi izin terbangnya. Bahkan Deddy Corbuzier sempat berkonflik dengan Kapten Vincent tentang masalah ini dan membuat keduanya terus berlomba-lomba akan video klarifikasi tentang masalah ini.

Pada akhirnya karena masalah tersebut juga menyeret Cameo Project untuk membahas masalah ini di channel Youtube mereka. Banyak yang menganggap bahwa Cameo Project hanya numpang tenar lewat Capt. Vincent, karena seperti diketahui pula bahwa tak begitu banyak penonton dari akun Youtube Cameo Project sebelumnya.

Auto Draft

Masalah mengenai lisensi izin terbang milik Capt. Vincent akhirnya membuat dirinya dirundung duka karena terjadi pencabutan lisensi izin terbang oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Menurut Kemenhub, Capt. Vincent dalam kegiatan ini tidak menggunakan shoulder harness, memberikan kontrol pesawat pada pihak yang tidak berwenang, serta melakukan manuver Zero Gravity.

Capt. Vincent pun sempat memberikan klarifikasi dan pada akhirnya ia hanya bisa pasrah dengan apa yang terjadi. Tapi ia tidak menghentikan pekerjaannya sebagai vlogger dengan membagi kegiatan di dunia penerbangan yang lainnya. Bahkan, kepasrahannya pun berbuah hasil dengan tak lama dari pencabutan lisensi izin terbang, akhirnya lisensi izin terbang tersebut dikembalikan kembali olehnya meski tetap terus dalam pengawasan.

Setelah dikaruniai satu anak lagi bernama Gracelyn, kini Capt. Vincent tengah pamit dan rehat sejenak dari dunia hiburan terutama vlog karena ingin menghabiskan waktu untuk berlibur dengan keluarga. Meski begitu, ia akan tetap kembali lagi dengan membagikan cerita, ilmu, dan kegiatan lain yang mampu menghibur subscribernya.

Itulah Biodata Vincent Raditya, apakah sudah cukup menjawab rasa penasaran kamu?