Auto Draft

Tepung kelapa merupakan tepung yang terbuat dari daging kelapa parut dan ditumbuk hingga halus. Tepung kelapa dapat menjadi alternatif pengganti tepung terigu bebas gula yang tinggi protein. Dan cara pembuatan tepung kelapa ini juga bisa dilakukan di rumah karena pembuatan tepung ini sangat mudah bahkan dengan alat yang sederhana pun anda sudah bisa membuat tepung kelapa yang berkualitas.

Jika anda benar benar tidak memiliki alat canggih seperti kebanyakan mesin perusahaan. Dan disini anda akan belajar cara membuat tepung kelapa yang baik dan benar.

Auto Draft

Ada beberapa langkah demi langkah​​​ simak ulasannya di bawah ini:

  1. Kelapa dikupas terlebih dahulu dari sabutnya kemudian dikupas kulitnya.
  2. Setelah itu kedua batok kelapa yang berwarna coklat dibersihkan, tujuannya untuk mendapatkan daging yang berwarna putih bersih.
  3. Pembuangan kulit ari bertujuan agar kelapa tidak tengik. Lalu bilas sampai bersih.
  4. Ketiga, lakukan proses blanching (pasteurisasi) dengan uap panas bersuhu 90°C selama 7 menit. Blanching merupakan proses pemanasan pasteurisasi yang dilakukan dengan air panas atau steam selama beberapa waktu pada suhu kurang dari 100°C.
  5. Proses pemutihan melibatkan proses termal dan biasanya membutuhkan suhu 75 sampai 95°C selama kurang lebih 10 menit.
  6. Tujuan utama dari proses pemutihan yaitu untuk menonaktifkan enzim makanan, termasuk enzim peroksidase dan katalase. Kedua jenis enzim ini adalah yang paling stabil terhadap panas.
  7. Namun tidak hanya enzim yang menjadi tidak aktif, beberapa mikroba dalam makanan juga mati. Blanching biasanya dilakukan untuk sayuran dan buah yang akan diawetkan atau dikeringkan.
  8. Selain tujuan untuk menonaktifkan enzim, ada beberapa tujuan pemutihan penting lainnya yang harus Anda ketahui. Berikut ulasannya.

Tujuan dari Proses Blanching

  • Membersihkan kelapa dari kotoran dan menurunkan jumlah mikroba pada bahan baku itu.
  • Penghapusan gas dari kelapa, yang mengurangi karat pada kaleng dan menciptakan tekanan negatif yang baik di "ruang atas" kaleng.
  • Melembutkan kelapa agar lebih mudah dituangkan ke dalam wadah.
  • Mengurangi bau dan rasa yang tidak enak.
  • Menghilangkan lendir pada kelapa.

Perbaiki warna produk atau maksimalkan warna, setiap jenis makanan membutuhkan waktu yang berbeda untuk menonaktifkan enzim. Perbedaan itu tergantung dari jenis bahan, ukuran bahan, proses bleaching yang dipakai dan suhu yang digunakan.

 

Manfaat dari Tepung Kelapa

Dapat Mengurangi Berat Badan

Makanan yang memakai tepung kelapa mengandung serat yang dapat membantu mengontrol kadar glukosa sehingga gula darah dapat terkontrol. Makanan berserat tinggi juga dianggap membuat perut merasa kenyang lebih lama, sehingga mengkonsumsi tepung kelapa dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan.

Tepung kelapa sangat tinggi protein, rendah lemak dan asam laurat yang cukup penting untuk sistem imunitas tubuh dan kulit.

Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Tepung kelapa kaya akan serat, tepung ini dapat mengontrol gula darah. Menurut penelitian, British Journal of Nutrition menemukan sebuah penelitian pada tahun 2003 yang menyatakan bahwa mengganti tepung terigu dengan tepung kelapa dapat menurunkan indeks glikemik (ukuran pengaruh makanan terhadap gula darah).

Bagi anda yang takut diabetes atau pengidap diabetes, anda bisa mengganti tepung terigu menggunakan tepung kelapa yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. 

 

Bagi anda yang sedang membutuhkan mesin penepung, bisa menggunakan mesin penepung multifungsi yang bekerja dengan efektif.

By humas