Teknologi · May 5, 2021

Cara Melacak Resi Shopee

Shopee terus meningkatkan layanannya dengan bekerjasama dengan beragam jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang untuk memberikan alternatif pilihan bagi penggunanya. Terdapat banyak jasa ekspedisi yang bekerjasama dengan shopee diantaranya adalah JNT, JNE, Pos Indonesia, Ninja Express, Tiki, Go Send dan lain sebagainya.

Cara Melacak Resi Shopee

Untuk dapat mengetahui posisi dimana barang yang sedang dikirim berada, kita perlu mengeceknya menggunakan nomor resi. Nomor resi adalah nomor yang diberikan jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang untuk mengecek posisi barang yang sedang dikirimkan.

 

Cara Melacak Resi Shopee

Pertama, anda harus membuka aplikasi shopee atau shopee.co.id di browser kemudian klik masuk atau login. Isikan nama pengguna/ nomor hp/ email dan juga password anda. Pastikan anda mengisinya dengan benar. Setelah itu klik menu “saya” kemudian klik barang yang sedang dikirimkan. Gulir ke bawah sampai anda menemukan status pengiriman. Klik “lacak” kemudian anda dapat melihat dimana posisi barang anda.

Pada menu ini anda juga dapat melihat riwayat pengiriman barang yaitu barang-barang yang sebelumnya pernah anda beli di shopee (jika memang ada). Setiap layanan ekspedisi memiliki kode unik resinya masing masing. Misalnya JNE mempunyai nomor resi dengan format JNE REG 01018XXXX.

 

Bagaimana jika barang tak kunjung datang?

Jika seandainya barang yang anda pesan tidak sampai ke tempat anda, terdapat beberapa hal yang dapat anda upayakan. Pertama, anda bisa mengajukan permohonan pengembalian barang atau yang kedua, anda dapat mengajukan perpanjangan masa garansi. Ingatlah untuk tidak menekan tombol “pesan sudah diterima” sebelum anda benar-benar menerima pesanan anda.

Lama atau tidaknya barang sampai sangat tergantung pada beberapa faktor misalnya kejelasan alamat yang anda cantumkan, jasa ekspedisi yang anda pilih, jenis layanan pengiriman yang anda pilih gangguan atau masalah teknis, dan yang lainnya.

Salah satu tips shopee untuk pembeli, usahakan untuk berada di rumah saat pengiriman barang berlangsung agar memudahkan kurir. Namun jika anda tidak di rumah pun, biasanya barang anda akan disimpan di kantor ekspedisi