Agroindustri · June 10, 2021

Cara Ternak Ikan Neon Tetra di Akuarium, Mudah!

Cara ternak ikan Neon Tetra terbilang mudah, karena anda tidak perlu berbagai peralatan khusus untuk menjaga ikan neon tetra tetap sehat. Panduan ini juga dapat anda gunakan sebagai pemula karena ikan Neon Tetra mudah dipelihara di rumah. Berikut ini cara-caranya

Cara Ternak Ikan Neon Tetra di Akuarium, Mudah!

1. Pilih Indukan Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra Jantan

  • Ikan jantan bertubuh lebih kecil
  • Tubuh lebih panjang
  • Warna sisik lebih kontras dan terang
  • Lebih agresif
  • Suka mengejar

Ikan Neon Tetra Betina

  • Tubuh lebih gemuk juga lebar
  • Lebih lambat
  • Tubuh lebih pendek
  • Warna ikan tidak begitu cerah, cenderung gelap
  • Sering dikejar

Pilih indukan neon tetra yang cerah, tubuh tidak cacat dengan panjang paling tidak 2,5 cm. Usia indukan ideal untuk pemijahan adalah 6 bulan. Siapkan tiga jantan neon tetra dan tiga betina neon tetra dalam satu akuarium. Lalu biarkan ikan-ikan tersebut mencari pasangannya sendiri.

2. Cara Memijahkan Ikan Neon Tetra

Gunakan wadah khusus untuk memijahkan ikan hias tersebut. Anda bisa memanfaatkan akuarium, bak besar, kolam ikan, ember, dan lainnya. Jika ingin lebih mudah melihat perkembangan ikan, menggunakan akuarium dengan ukuran ideal panjang 40 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 20 cm.

Letakkan berbagai macam tanaman air hidup yang bersih dalam akuarium sebagai tempat telur. Suhu air ideal adalah 22-24 derajat celcius, pH air 6. Isi akuarium dengan endapan air selama 48 jam.

Pada tahap pemijahan, letakkan semua indukan dalam akuarium yang sudah anda siapkan. Beri pakan bergizi, dan tutup akuarium menggunakan plastik supaya debu tidak masuk dan pemijahan dapat berlangsung hingga tiga hari.

Neon tetra betina bisa hamil dua hari setelah perkawinan. Berikutnya, pisahkan induk ikan dengan anak, dan letakkan pada tempat berbeda. Tutup kembali akuarium sampai benar-benar rapat tanpa ada cahaya. Tunggu sampai 24 jam supaya telur menetas.

Cara ternak ikan neon tetra berikutnya yaitu tidak perlu memberi pakan pada burayak ikan. Hal ini karena sudah ada kuning telur sebagai cadangan pakan. Tunggu sampai habis dan berikan rotifera. Tutup akuarium sampai satu minggu supaya anak ikan tetap sehat dan beri pakan rutin.

3. Cara Merawat Burayak Ikan Neon Tetra

Pindahkan dalam akuarium besar jika usianya sudah satu minggu bersama dengan air lama, dan pindahkan saat pagi hari. Selain micropellet, beri cacing sutra atau cacing beku per dua hari. Ganti air paling lambat 3 minggu sekali dengan mengendapkan air hingga 24 jam dulu untuk cara ternak ikan neon tetra sampai besar.

Ingin tau info menarik lain? Suksespedia solusinya.