Uncategorized · May 8, 2022

Daftar Lengkap UMR Bandung Terbaru 2022

Setiap 1 Januari, seluruh provinsi yang ada di Indonesia akan menetapkan upah minimum reguler yang sudah disahkan oleh pemerintah. Termasuk untuk provinsi Jawa Barat. Dimana Gubernur telah menetapkan besaran UMR Bandung Tahun 2022.

 

Informasi Seputar UMR Kota Bandung

Berdasarkan keputusan Gubernur yang sudah ditekan sejak tanggal 30 November 2021. Ridwan Kamil menetapkan upah minimum regional di setiap daerah. Dimana untuk besarnya nominal antara wilayah satu dengan lainnya berbeda-beda. Namun tetap memiliki tujuan yang sama.

Di mana tujuannya yaitu untuk mensejahterakan masyarakat dan membantu agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan begitu sistem perekonomian akan stabil. Perlu diketahui bahwa rumus pemberian UMR itu dibuat berdasarkan Permenkes.

Berdasarkan peraturan menteri ketenagakerjaan tahun 1999 UMR dibagi menjadi dua. Pertama standar pemberian upah yang berlaku di provinsi. Kedua upah minimum Kabupaten atau kota yang harus lebih besar dibandingkan nominal UMP. Dimana Sudah jelas kan?

Auto Draft

Besaran Upah Minimum Reguler Wilayah Jawa Barat

Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Untuk UMR Bandung tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar Rp 3 774.860. meskipun kenaikan nya bisa dibilang sangat kecil, tetapi masyarakat di wilayah tersebut tetap antusias.

Penetapan upah minimum reguler Bandung 2022 itu ditetapkan bersama dengan buruh, pengusaha dan Pemkot. Dengan begitu hasil UMR yang berlaku bisa langsung dirasakan oleh masyarakat umum. Untuk peningkatan gaji kota kembang pada tahun ini sebesar 3, 12%.

Umumnya penetapan UMR setiap wilayah dilakukan serentak pada awal tahun oleh masing-masing kepala daerah. Hal itu tentunya membuat perbedaan besaran nominal upah antara tempat yang satu dengan lainnya. Untuk informasi lebih detail silahkan simak tabel di bawah ini.

Kabupaten /Kota

Besaran UMR

Bandung

Rp 3.774.860,78

Purwakarta

Rp 4.173.568,61

Cimahi

Rp 3.272.668,50

Sumedang

Rp 3.241.929,67

Sukabumi

Rp 3.125.444,72

Perlu diketahui bahwa gubernur dalam menentukan UMR Bandung harus sesuai dengan prosedur yang telah berlaku. Selain itu juga harus mempertimbangkan kondisi perekonomian masyarakatnya agar kesejahteraan antar daerah bisa segera tercapai.

Sumber: gajiperbulan.com