Auto Draft

Jenis kopi arabika terbaik yang berasal dari negara kita. Negara kita selalu dikenal sebagai penghasil kopi yang terbaik. Ada banyak varian kopi arabika khas Indonesia yang populer baik di dalam ataupun luar negeri.

Kopi arabika terkenal dengan aromanya yang khas dan rasanya yang kuat. Biasanya asli pegunungan, kopi jenis ini adalah tanaman yang tumbuh di bawah hutan tropis yang cukup rimbun. Umumnya kopi arabika sering tumbuh di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Salah satu perbedaan antara kopi Robusta serta Arabica ada pada penanamannya. Kopi arabika bisa tumbuh dengan baik kalau ditanam di ketinggian 1.000 hingga 2.000 mdpl. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis kopi Arabika terbaik yang sudah dikenal di mancanegara.

 

Jenis Kopi Arabika Terbaik

Auto Draft

Kopi Arabika Toraja

Salah satu jenis kopi terbaik di Indonesia yaitu kopi Arabika toraja. Kopi yang mempunyai aroma yang sangat khas dengan tingkat keasaman rendah, lembut, halus dan floral taste. Saat disajikan, kopi ini terlihat lebih transparan seperti teh kental.

Kopi jenis arabika toraja atau sering disebut sebagai “Queen of Coffee” memiliki aroma tanah yang khas. Rasa pahitnya terlihat jelas, namun memiliki tingkat keasaman yang rendah dan tidak menyebabkan mual saat diminum. Hal inilah yang membuat kopi dari Toraja populer di kalangan pecinta kopi Indonesia.

Kopi Arabika Flores

Kopi jenis arabika flores bajawa merupakan salah satu jenis kopi arabika terbaik di Indonesia. Walaupun tekstur kopinya cukup kental, tingkat keasamannya rendah. Ini yang membedakannya dengan kopi jenis lainnya.

Kopi ini berasal dari daerah Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur dan memiliki rasa yang dominan coklat serta vanilla. Rasa yang enak dan aroma yang strong membuat kopi jenis ini disukai semua kalangan.

Kopi Arabika Kintamani

Kopi Arabika terbaik berikutnya di Indonesia yaitu kopi arabika kintamani, dari Bali. Kopi yang berasal dari bali ini mempunyai rasa yang cukup unik dari pada jenis kopi lainnya. Karena kopi arabika ini berasal dari daerah dengan ketinggian lebih dari 900 mdpl.

Selama penyeduhan, kopi ini memakai proses basah/cuci untuk memisahkan biji dari dagingnya. Pemanenannya juga berbeda karena menghasilkan dengan ukuran green bean yang cukup besar dari pada jenis kopi arabika yang lain. Itu sebabnya kopi Arabika dari Bali rasanya seperti buah jeruk yang asam serta sedikit pahit.

Kopi Arabika Wamena

Jenis kopi Arabika terbaik lainnya di Indonesia adalah kopi Papua, atau di Wamena. Kopi yang berasal dari ujung timur Indonesia ini adalah jenis dari India. Kopi ini dianggap sebagai salah satu kopi terenak di dunia.

Banyaknya pegunungan serta dataran tinggi merupakan faktor utama penunjang daya tahan kopi arabika jenis ini. Karakter rasa kopi wamena ini begitu halus dan seimbang. Selain itu, baunya juga sangat kuat dan mempunyai nuansa sepi.

Kopi Arabika Aceh Gayo

Kopi jenis arabika aceh gayo merupakan jenis kopi yang cukup populer di Indonesia. Kopi Gayo terkenal mempunyai aroma yang sangat pekat. Selain itu, kopi jenis ini juga memiliki rasa pahit serta tingkat keasaman yang rendah. Aromanya yang pekat dan rasanya yang berbeda membuat kopi jenis ini menjadi favorit semua kalangan, terutama anak muda.

Karakter kopi yang strong, low-acid dan sedikit spicy membuat arabika ini terkenal di mancanegara seperti Amerika Serikat serta Eropa. Hal itu disebabkan karena perkebunan terletak di kawasan Dataran Tinggi Gayo memiliki ketinggian yang berbeda, yang membedakannya dengan jenis kopi lainnya.

 

Dalam pengolahan kopi tidak bisa berjalan dengan efektif jika tidak menggunakan mesin kopi yang berupa grinder kopi.

By humas