Teknologi · August 9, 2022

Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Kemajuan teknologi sejalan dengan berkembangnya strategi pemasaran online yang disebut sebagai internet marketing. Sudah tahu belum apa itu internet marketing? Yaitu merupakan aktivitas atau strategi pemasaran dan iklan melalui internet.

Metode pemasaran yang bernama internet marketing sangat efektif dilakukan di era serba digital seperti sekarang ini. Mengingat target pasar yang dapat dijangkau begitu sangat luas, maka potensi keuntungan yang didapatkan pun bisa lebih meningkat.

 

Pengertian Internet Marketing

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan internet marketing, ada baiknya memahami secara lebih detail definisi internet marketing. Apa itu internet marketing? Mari cari tahu jawabannya berikut ini.

Secara umum menurut website majapahit.id, pengertian internet marketing yaitu sebuah usaha atau upaya untuk memasarkan berbagai produk atau jasa dengan tujuan membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet.

Nah, sederhananya internet marketing ini merupakan strategi pemasaran online karena sarana promosinya melalui internet. Tujuan internet marketing sendiri tak lain adalah untuk meningkatkan volume penjualan bisnis.

Auto Draft

Kelebihan Internet Marketing

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberi dampak positif bagi keberlangsungan hidup manusia.

Salah satu dampak yang bisa dirasakan para pebisnis ialah proses pemasaran dan promosi bisnis menjadi lebih efektif dan efisien karena adanya internet marketing. Berikut diantara kelebihan internet marketing adalah:

  • Dapat menjangkau pasar yang lebih luas atau global
  • Waktu pemasaran layanan 24 jam dan iklan tanpa batas
  • Mampu menjangkau calon konsumen lebih maksimal dengan biaya minim
  • Pebisnis dapat melakukan berbagai promosi dengan semenarik mungkin
  • Dapat menjalin hubungan dengan konsumen secara lebih dekat
  • Minim risiko dari berbagai hal
  • Memungkinkan pengukuran data respon pelanggan terhadap marketing perusahaan agar menjadi lebih akurat
  • Proses pembelian produk lebih mudah dibandingkan sistem offline

Kekurangan Internet Marketing

Dibalik kelebihan yang dipunya internet marketing, tidak dipungkiri jika sistem pemasaran online ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Diantaranya yaitu membutuhkan keahlian khusus, skema cenderung rumit, tidak bisa instan, rentan terhadap penipuan dan lain-lain.

 

Internet marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang mendukung kenaikan penjualan bisnis. Jadi, bagaimana? Tertarik menggunakan internet marketing?