Teknologi · February 25, 2022

Ketahui Tentang Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan Proyektor

Di zaman yang sudah berkembang seperti ini, sudah banyak alat elektronik yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia. Salah satunya adalah proyektor. Alat elektronik ini sudah banyak digunakan diberbagai tempat, seperti di sekolahan, perusahaan, universitas, dan lain lain.

Proyektor biasanya digunakan untuk membantu presentasi. Sudah hampir semua tempat sekolah dan perusahaan memakai alat ini, digunakan untuk proses belajar mengajar maupun presentasi perusahaan.

Nah, untuk lebih lengkapnya kali ini akan dibahas mengenai proyektor itu sendiri. Simak artikel berikut atau kunjungi situs Cari Tekno.

 

Pengertian Proyektor

Proyektor adalah salah satu perangkat keras (hardwere) yang bisa mengintegrasikan sistem optic, sumber cahaya, display, dan elektronik yang bertujuan menampilkan gambar, foto, ataupun video ke bidang datar yang polos (biasanya ke dinding atau papan proyektor) dan membuat tampilan lebih besar dan terlihat jelas.

Atau lebih sederhananya, proyektor adalah perangkat keras (hardwere) yang digunakan untuk menampilkan gambar atau video yang terdapat pada laptop atau komputer ke permukaan datar, seperti tembok.

Proyektor sangat bermanfaat di bidang pendidikan dan bisnis. Yaitu mempermudah dalam penyampaian materi saat presentasi.

Auto Draft

Fungsi Proyektor

Ada beberapa fungsi proyektor pada kehidupan seharai hari, antara lain :

  • Sebagai Media Informasi

Tujuan adanya proyektor adalah menampilkan gambar lebih besar. Dengan mengampilkan gambar atau data lebih besar, hal ini menjadi media informasi lebih efektif dan efisien.

  • Sebagai Alat Presentasi

Sudah dijelaskan diatas, fungsi paling mencolok dari proyektor adalah untuk media presentasi. Dengan adanya proyektor yang dapat menampilkan gambar, video, grafik, dan lain lain, audien akan lebih semangat mendengarkan presentasi dan presentasi tidak monoton.

  • Sebagai Media Hiburan

Selain untuk presentasi, proyektor juga bisa digunakan untuk menonton film. Dengan bantuan proyektor, menonton film tidak perlu pergi ke bioskop.

 

Cara Kerja Proyektor

Fungsi utama dari proyektor adalah menampilkan gambar yang ada di laptop atau komputer ke layer. Sederhananya, cara kerja proyektor adalah membiaskan cahaya yang dihasilkan dari panel LCD yang dipisahkan menjadi 3, yaitu Red, Green, dan Blue atau biasa dinamakan RGB.

Panel pada LCD proyektor akan menghasilkan cahaya dan cahaya yang melewati panel akan berpadu melalui prisma pada proyektor. Kemudian, perpaduan cahaya tersebut akan ditampilkan atau dipancarkan ke permukaan datar, biasanya tembok atau layer proyektor. Dengan begitu, tampilan layar pada laptop atau komputer akan terlihat lebih besar di permukaan datar tersebut.

 

Jenis-jenis Proyektor

Proyektor bukan hanya dibuat satu saja, namun terdapat beberapa jenis, antara lain :

  • Proyektor LCD

Proyektor LCD merupakan proyektor yang lebih modern dibandingkan pendahulunya, yaitu OHP (Overhead Projector). OHP masih menggunakan tulisan di kertas bening.

  • Proyektor DLP

Sederhanannya, proyektor DLP menghasilkan gambar dari kaca kecil mikroskopis yang disusun matrix diatas chip semikonduktor.

  • Proyektor LCOS

Proyektor LCOS merupakan pembaruan dari LCD dan DLP. Proyektor jenis ini diproduksi lebih ringan dan resolusinya lebih bagus.

  • Proyektor Digital

Proyektor digital merupakan proyektor modern yang dapat mengubah gambar atau video secara langsung dari laptop atau komputer dengan sistem lensa. Teknologi yang digunakan proyektor jenis ini adalah intensitas tinggi CRT, teknologi DLP, dan LCD proyektor.

 

Kelebihan dan Kekurangan Proyektor

Sebagai alat elektronik, proyektor memiliki kelebihan dan kekurangannya, antara lain :

Kelebihan Proyektor

  1. Saat presentasi, materi yang dipaparkan lebih tersampaikan jelas
  2. Mudah dalam pengoperasian
  3. Memudahkan interaksi dengan audiens
  4. Mendapatkan perhatian audiens

Kekurangan Proyektor

  1. Tidak semua pengaturan proyektor sama, ada beberapa yang rumit
  2. Harga mahal
  3. Radiasi yang dihasilkan proyektor cukup tinggi
  4. Menambah biaya listrik
  5. Biaya servis masih mahal karena spare part masih jarang ditemukan