Makanan · August 9, 2022

Macam Macam Olahan Daging Ayam Giling dan Tips Menggilingnya

Olahan daging ayam giling tentu beragam, dari yang frozen food, makanan cepat saji, sampai ke olahan masakan langsungnya pun ada. Pengolahannya bisa dilakukan sesuai dengan kreatifitasmu dalam memasak. Daging ayam termasuk salah satu daging dari ternak yang bisa dan bebas dikonsumsi, selain itu daging ayam juga merupakan daging yang mudah diolah.

Dalam pengolahan daging ayam, sebelumnya kamu harus sudah membersihkan ayam dari bulu yang ada. Selanjutnya kamu bisa memotongnya, dan kemudian baru bisa diolah sesuai dengan keinginanmu. Karena pengolahannya sangat beragam, ada yang digoreng, dikukus, dan ada pula yang digiling.

Jika kamu sedang mencari tau mengenai olahan daging ayam giling, kamu bisa terus membaca artikel ini. Karena disini kita akan membahas mengenai olahan daging ayam giling. Silahkan bisa disimak sampai akhir ya!

 

Daging Ayam Giling

Auto Draft

Sama seperti apa yang sudah dibahas di atas, daging ayam giling ini merupakan olahan dari ayam yang kemudian diambil dagingnya dan kemudian baru digiling dengan mesin gilingan daging atau bisa juga menggunakan blender sampai terbentuk adonan daging yang lunak. Dengan kata lunak tersebut berarti tulang yang ada pada ayam tidak ikut digiling.

Umumnya ayam yang digiling adalah ayam fillet yang sudah pasti tanpa tulang. Karena jika terdapat tulang dalam penggilingan maka akan terhambat. Jadi saat mengolah daging ayamnya untuk digiling kamu harus teliti dan hati hati.

 

Tips Menggiling Daging Ayam dengan Blender

Auto Draft

Jika dalam proses penggilingan daging menggunakan mesin gilingan daging sudah kamu ketahui caranya, karena memang sebelum kamu membelinya pasti kamu juga sudah mencari tau lebih lanjut mengenai kegunaan sampai cara menggunakan mesin gilingan daging itu. Terlebih lagi jika mengingat harga dari mesin gilingan daging yang tidak murah.

Tips berikut ini ditujukan untuk kamu yang akan membuat olahan daging ayam giling dirumah, dengan bantuan blender.

1. Gunakan Potongan Daging yang Tepat

Seperti apa yang tadi sudah disampaikan juga, bahwa dalam organ ayam ada tulang yang tidak bisa ikut digiling. Sehingga kamu harus bisa memilih potongan daging sesuai dengan prosedur penggilingan. Kamu bisa menggunakan daging yang tidak memiliki tulang, atau setidaknya yang sudah dipisahkan dari tulangnya.

2. Potong Dadu Daging Ayam

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya saat blender mulai menggiling bisa dengan mudah tanpa hambatan. Selain dengan adanya tulang, potongan daging yang terlalu besar juga bisa menjadi hambatan dalam penggilingan. Karena nantinya jika tidak dipotong dadu blender akan keberatan saat menggiling.

3. Giling Daging dengan Blender yang Tepat

Pemilihan blender yang digunakan untuk menggiling juga menjadi salah satu hal yang penting. Karena jika kamu menggunakan blender yang biasa digunakan untuk membuat jus maka blender itu bisa rusak dengan satu atau dua kali pemakaian untuk membuat daging ayam giling. Sehingga sebelum menggunakannya kamu harus mengetahui karakteristik dari blender yang kamu punya.

 

Olahan Daging Ayam Giling

Auto Draft

Setelah tadi mengetahui sedikit penjelasan mengenai daging ayam giling dan juga tips menggilingnya menggunakan blender, kini kita akan masuk ke topik utama yaitu olahan daging ayam giling. Berikut ini merupakan beberapa olahannya.

1. Bakso

Ternyata daging ayam bisa dijadikan bakso setelah digiling. Untuk cara pembuatannya kurang lebih sama dengan pembuatan bakso dengan daging sapi atau ikan. Dalam olahan bakso ini kamu juga bisa membuatnya untuk yang langsung konsumsi atau bisa juga dibuat sebagai frozen food

2. Siomay

Daging ayam giling juga bisa dijadikan olahan siomay, mengingat kini olahan siomay juga makin bervariasi dalam pembuatannya selain dibuat siomay yang biasa, daging ayam giling juga bisa dibuat siomay dimsum.

Yang mana dalam olahannya nanti daging ayam giling ini akan dijadikan isian, serta bisa juga dijadikan taburan diatas dimsumnya dengan bentuk ayam suwiran yang telah diolah dengan mesin suwir ayam atau dengan cara manual.

3. Nugget

Dikenal dengan jenis makanan frozen food yang siap saji, nugget juga bisa dijadikan olahan daging ayam giling. Pembuatannya bisa dilakukan dengan mencampurkan telur, terigu, kaldu, dan bumbu lainnya yang mana kemudian diolah sama seperti saat kamu membuat nugget dari daging lainnya.

Dalam membuat olahan nugget ini kamu juga bisa mengkreasikan bentuk dari nugget yang akan ditampilkan.

 

Penutup

Olahan daging ayam giling seperti apa yang tercantum di kalimat awal artikel tadi sebenarnya memang banyak, namun jika saya masukkan semuanya rasanya tidak akan ada habisnya dan menjadi artikel yang sangat panjang. Jadi apa yang tadi sudah tercantum adalah beberapa olahan yang memang telah banyak dikenal. Semoga bermanfaat ya!