Kesehatan · October 5, 2021

Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang adalah masalah yang umum dijumpai baik muda, apa lagi tua. Biasanya sakit pinggang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kita pastinya ingin segera menghilangkan sakit pinggang dengan segera.

Dalam artikel ini kami akan membagikan bagaimana cara mengatasi sakit pinggang yang bisa dilakukan dirumah, memberikan gambaran umum penanganan sakit pinggang dengan obat-obatan oleh dokter, serta tindakan operasi apa saja yang diberlakukan pada penderita sakit pinggang yang disebabkan oleh organ yang rusak dan bermasalah.

Langsung saja, untuk dapat menghilangkan sakit pinggang, ada sejumlah cara yang perlu dilakukan berikut ini diantaranya:

 

Kompres dengan menggunakan kompres dingin

Auto Draft

Kompres dingin dapat membantu mengurangi bengkak pada bagian pinggang. Caranya adalah dengan membungkus es dengan menggunakan es atau bungkus es kemudian letakan pada bagian pinggang yang sakit. Lakukan hal ini selama 2 hingga 3 hari.

 

Kompres dengan menggunakan kompres hangat

Selain menggunakan kompres dingin menghilangkan sakit pinggang juga bisa dengan menggunakan air hangat setelah 2 sampai 3 hari sakit tidak reda. Air hangat nantinya dapat mengurangi peradangan, membuat aliran darah menjadi lancar serta dapat melemaskan otot. Lakukan kompres selama setidaknya 20 hingga 30 menit untuk setiap 2 sampai 3 jam.

 

Obat pereda nyeri

Gunakanlah obat pereda nyeri yang biasanya dijual secara bebas seperti paracetamol. Adapun obat-obatan khusus yang diberikan oleh dokter diantaranya suntik kortikosteroid, baclofen, antidepresan, suntik botox dan lain sebagainya.

 

Terapi

Beberapa terapi yang bisa dilakukan seperti fisioterapi yang gunanya adalah untuk memperbaiki postur tubuh serta menguatkan dan juga meningkatkan kelenturan otot pinggang. Selain itu traksi juga bisa dilakukan untuk memperbaiki posisi tulang belakang secara bertahap.

 

Operasi

Operasi dilakukan untuk mengatasi penyebab utama sakit pinggang. Sakit pinggang menjadi indikasi penyakit yang berat, jadi operasi dilakukan untuk mengatasi penyebab utamanya. Misalnya sakit usus buntu, pengangkatan kista pada rahim, syaraf terjepit, batu ginjal, dan operasi tulang belakang ini semua dilakukan untuk mengatasi masalah utama penyebab sakit pinggang.