Budaya · June 15, 2022

Mengenal Alat Musik Tradisional Gendang

Bicara soal alat musik tradisional Indonesia rasanya sangatlah banyak, apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan, sehingga hampir di setiap pulau memiliki alat musik tradisionalnya masing-masing. 

Alat musik tradisional yang ada pada setiap pulau dan wilayahnya ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Adapun ciri khas yang berbeda mulai dari cara memainkan alat musik itu sendiri hingga jenis alat musik yang dimainkan. Alat musik tradisional ada yang bisa menghasilkan nada atau lebih dikenal dengan alat musik melodis dan ada juga alat musik ritmis yang dapat mengatur irama musik. 

Jika alat musik melodis dapat dimainkan dengan banyak cara, lain halnya dengan alat musik ritmis yang umumnya dimainkan dengan cara dipukul. Salah satu alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul dan masuk ke dalam jenis alat musik ritmis adalah gendang. 

Auto Draft

Gendang

Gendang merupakan bisa dibilang sebagai warisan budaya Nusantara karena keberadaannya juga sudah cukup lama. beberapa catatan sejarah mengatakan bahwa gendang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-9 dan kemunculannya berada di pulau Jawa. Meskipun begitu, seiring dengan perkembangan zaman dan budaya, gendang mulai menyebar hampir ke seluruh wilayah Indonesia. 

Gendang terbuat dari kayu yang di mana sisinya diberikan selaput. Pada umumnya, dalam pembuatan gendang dibutuhkan sebuah batang pohon yang kemudian bagian dalam pohon tersebut diberi lubang. Setelah diberi lubang, kemudian dibentuklah sesuai dengan keinginan atau ciri khas dari suatu daerah. Batang pohon yang digunakan biasanya batang pohon nangka, sedangkan selaput terbuat dari kulit kambing, kerbau, atau sapi. 

Di beberapa daerah ada yang menyebutnya dengan kendang. Meskipun penyebutannya tidak sama, tetapi cara membuatnya hampir sama. Pada budaya Jawa, alat musik ini sering digunakan pada acara gamelan. Sedangkan pada budaya Sunda, selalu berkaitan dengan ansambel degung. 

Cara Memainkan Gendang

Gendang dimainkan dengan cara dipukul, tetapi pada saat memukulnya menggunakan teknik-teknik khusus yang bisa diperoleh dengan otodidak atau berlatih dengan ahlinya. Pada umumnya, gendang ini ada bagian yang berukuran besar dan ada yang berukuran kecil. Nah, untuk memainkannya kamu bisa meletakkan tangan kiri di bagian gendang yang besar dan tangan kanan di bagian gendang yang kecil. 

Selain itu, memainkan gendang biasanya juga dilakukan dengan duduk, yang kemudian memperhatikan setiap alunan musik yang dimainkan. Tidak hanya itu saja, gendang juga bisa mengiringi seorang penyanyi saat membawakan lagunya. Oleh karena itu, alat musik gendang biasa kita lihat di acara dangdut.  

Fungsi Alat Musik Gendang

Alat musik gendang memiliki beberapa fungsi diantaranya:

1. Sebagai Sarana Pendidikan

Fungsi pertama dari gendang adalah sebagai sarana pendidikan. Fungsi ini biasanya ditujukan kepada siswa-siswa serta anak muda agar mengetahui alat tradisional yang sudah menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia. 

Maka dari itu, dalam pelajaran seni budaya akan muncul materi tentang gendang. Dengan fungsi ini diharapkan banyak para pemuda Indonesia yang tertarik untuk mempelajari gendang agar tidak hilang dan akan terus ada. 

2. Sebagai Pengiring Pertunjukkan Seni Tari

Di beberapa daerah, pertunjukkan seni tari biasanya diiringi dengan alat musik tradisional gendang. Penari dan pemain gendang harus bisa membuat tempo gerakan dan pukulan gendang secara irama supaya gerakan dan suara gendang bisa saling berirama. Dengan begitu, pertunjukkan seni tari menjadi lebih menarik, sehingga penonton pun senang ketika melihatnya. 

3. Sebagai Pengiring Acara Pertunjukkan Daerah

Gendang yang sudah ada di beberapa daerah sering dijadikan sebagai pengiring dari suatu pertunjukkan pada beberapa daerah. Gendang yang dimainkan pun juga cukup beragam serta ada yang dimainkan dengan duduk dan ada juga yang dimainkan dengan berdiri. Selain itu, biasanya gendang akan dimainkan secara berkelompok, sehingga suara gendang akan semakin terdengar dengan jelas. 

4. Untuk Menyambut Kedatangan Tamu

Bukan hanya sebagai pertunjukkan daerah saja, alat musik tradisional gendang juga dimainkan untuk menyambut kedatangan tamu. Hal ini sering kita lihat pada acara pernikahan atau saat kedatangan tamu khusus di suatu wilayah. 

 

Alat musik tradisional gendang ketika dimainkan memang dengan cara dipukul, tetapi bukan berarti dipukul secara sembarangan. Dengan kata lain, ketika bermain alat musik gendang sudah ada tekniknya tersendiri. Meskipun gendang tidak bisa menghasilkan nada yang melodis, tetapi dengan adanya gendang, maka pertunjukkan musik akan menjadi lebih seru dan menarik untuk didengar dan dilihat. 

Baca juga: merk gitar terbaik