Bisnis · December 22, 2021

Mengulas Saham PTBA yang Rajin Bagi-Bagi Dividen

Saham PTBA atau PT. Bukit Asam, Tbk adalah perusahaan yang bergerak di industri pertambangan batu bara. Cakupannya adalah survei umum, pengolahan, eksplorasi, perdagangan dan pengangkutan. Lainnya ialah memelihara fasilitas pelabuhan batu bara.

PT. Bukit Asam Tbk tidak hanya bergerak di industri batu bara saja, tapi juga dibidang pengoperasian pembangkit listrik khususnya tenaga uap. Menariknya, hampir seperempat dari total produksinya telah diekspor ke pasar internasional. Berikut ulasan lengkapnya.

 

Kinerja Keuangan

Jika dilihat dari laporan keuangan yang terakhir di update, PT. Bukit Asam, Tbk mencatatkan laba bersih sebesar Rp. 2,4 triliun tahun 2020. Angka tersebut tentu mengalami penurunan sekitar 41,16%. Sebab, di tahun 2019 keuntungannya mencapai Rp. 4,1 triliun.

Namun meskipun menurun, pendapatan laba bersih di tahun 2020 tersebut sudah tergolong sangat baik. Mengingat bahwa pada tahun 2020 tersendat oleh adanya situasi yang rumit diakibatkan oleh pandemi. Sehingga, pihak perusahaan pun harus survive.

Auto Draft

Riwayat Kerja

Tingkat pertumbuhan dari PT. Bukit Asam, Tbk pada 5 tahun terakhir bisa dikatakan cukup bagus. Pasalnya, perusahaan tersebut mampu menghasilkan keuntungan yang berlangsung secara konsisten. Hanya saja sedikit tersendat ketika masuk ke situasi pandemi.

Selain itu, saham PTBA yang bergerak di bidang batu bara tersebut juga dinilai sebagai perusahaan yang tergolong sehat. Hal ini dapat Anda lihat dari rasio keuangannya. Jadi bisa dikatakan PT. Bukit Asam, Tbk sangat istimewa khususnya di dalam bidangnya.

Prospek Bisnis

Seperti yang diketahui bahwa kini ada banyak negara yang meninggalkan sektor batu bara. Hal tersebut dikarenakan bisa merusak lingkungan. Situasi tersebut tentu berdampak pada minat atau permintaan batu bara yang diproduksi oleh PTBA, salah satunya.

Namun, dengan adanya situasinya tersebut tentu pihak PTBA tidak hanya tinggal diam saja. Ada banyak keputusan yang dibuat untuk mempertahankan keberlangsungan bisnisnya. Itulah mengapa produk batu bara yang dijual kini bukan hanya hulu saja tapi juga hilir.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai saham PTBA. Jadi, bagi Anda yang ingin membelinya tentu ada baiknya agar melakukan analisa dengan baik dan benar terlebih dahulu. Jangan hanya tergiur oleh harganya yang murah atau keuntungan besar tanpa mempertimbangkan risiko.

Sumber: takeprofit.id