Teknologi · September 17, 2021

Menjadi Seorang Programmer Java

Programmer Java bertanggung jawab untuk merancang dan mengkodekan perangkat lunak untuk berjalan di platform Java. Meskipun Java mungkin merupakan nama bahasa pemrograman, tidak semua program yang ditulis dalam Java dirancang untuk digunakan pada platform Java. Platform Java adalah seperangkat standar yang membatasi jenis kode apa yang dapat digunakan. Ini termasuk spesifikasi untuk sistem operasi (OS), runtime environment (JRE), perpustakaan kelas, perpustakaan inti, perpustakaan jaringan, perpustakaan konektivitas database, perpustakaan grafis, perpustakaan kontrol browser web dan banyak lagi.

Programmer Java dapat membuat aplikasi yang berdiri sendiri, aplikasi server, klien atau applet. Aplikasi yang berdiri sendiri berdiri sendiri dalam arti bahwa mereka tidak memerlukan browser web untuk dilihat dan dijalankan sendiri. Aplikasi klien/server mengandalkan unit pemrosesan pusat (CPU) untuk melakukan semua pekerjaan berat sementara applet menggunakan browser untuk dijalankan. Meskipun ada banyak manfaat dari applet, applet tidak dapat melakukan semua yang dapat dilakukan oleh aplikasi klien/server yang berdiri sendiri. Jadi, meskipun Java adalah bahasa yang sangat kuat, ia memiliki keterbatasan.

Auto Draft

Programmer Java juga perlu memahami kerangka kerja yang mendasarinya dan bagaimana setiap bagian berinteraksi satu sama lain. Misalnya, jika sebuah aplikasi dirancang untuk menjalankan database menggunakan library JDBC (Java Database Connectivity), maka aplikasi tersebut harus dikodekan dengan hati-hati sehingga semua komponen yang diperlukan disertakan. Jika tidak, program tidak akan bekerja dan akan menimbulkan masalah bagi setiap pengguna yang mencoba menggunakannya.

Seperti semua pekerjaan lain, programmer Java harus memiliki keterampilan dan kemampuan tertentu. Ini termasuk kemampuan untuk membaca dan memahami kode, memahami konsep pemrograman dasar seperti loop, kondisi dan variabel dan keterampilan komunikasi yang baik (kemampuan yang kuat untuk menyampaikan ide secara tertulis).

Karena Java adalah bahasa pemrograman yang luas yang digunakan dalam berbagai cara, dibutuhkan banyak waktu untuk menguasainya. Seorang calon programmer Java dapat mengikuti berbagai kursus baik kursus Java online ataupun kursus Java di dalam kelas. Meskipun walaupun ada tutorial yang tersedia secara online dan kelas yang dapat diambil, dibutuhkan waktu bertahun-tahun bagi programmer untuk mengasah keahlian mereka agar benar-benar mahir.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi programmer untuk melanjutkan pendidikan mereka sepanjang karir mereka. Selalu ada hal-hal baru yang ditemukan dalam pemrograman dan ketika satu keterampilan menjadi usang atau kurang berguna, yang lain datang untuk menggantikannya. Inilah sebabnya mengapa sulit untuk mengatakan bahwa seseorang bisa menjadi ahli di Java ketika mereka baru dua tahun berkarir. Ini akan memakan waktu setidaknya 8-10 tahun bekerja dalam industri pemrograman sebelum seseorang dapat menguasai bahasa Java dan semua kompleksitasnya.