Berita · August 9, 2022

Pengertian Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi

Usaha konstruksi memang cukup menjanjikan apabila didapati keuntungannya. Hal itu memang karena bisnis ini terbilang besar. Tidak hanya itu jasa dalam bidang pembangunan ini mulai menjadi sorotan banyak orang, sebab adanya kegiatan tersebut lapangan kerja masyarakat juga lebih meningkat.

 

Pengertian Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi

Pengertian Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi adalah Sebuah perizinan terhadap pelaku usaha konstruksi dalam melakukan pembangunan, yang mana diterbitkan oleh Pemerintah Daerah merupakan arti dari surat IUJK. Keterangan ini diberikan untuk semua pengusaha yang terkait baik itu konsultan atau kontraktor.

Surat perizinan usaha ini bergerak pada berbagai kegiatan konstruksi, misal Instalasi Elektrikal dan Mekanikal, Gedung Sipil, Jasa Pelaksana, dan lainnya. Dalam hukum bisnis semua pengusaha wajib mengurus keterangan ini guna kelegalan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan.

Perusahaan yang bersertifikasi dapat mengajukan atan mulai mengerjakan proyek konstruksi sesuai dengan kontrak. Akan tetapi dalam pengurusan surat IUJK, pengusaha juga diwajibkan untuk memiliki SKA/SKT (sertifikat tenaga ahli asing/terampil) dan SBU (sertifikasi badan usaha) terlebih dahulu.

Auto Draft

Lama Tempo Pengurusan Surat IUJK

Proses mengurus surat izin usaha jasa konstruksi (IUJK), kurang lebih membutuhkan waktu selama 3 sampai 4 bulan. Hal ini karena dalam pengajuannya pelaku bisnis harus membuat SKA dan SBU terlebih dahulu, yang mana keduanya memakan kurang lebih 2 bulan pemrosesan.

SKA dapat diproses selama waktu tempuh 1 bulan (terkait interview serta training), dan SBU juga butuh kurang lebih sebulan (tergantung jumlah pemohon sertifikasi ini). Pengajuan surat izin usaha jasa konstruksi juga dapat melalui notaris, yang mana prosesnya dirasa lebih cepat bagi perusahaan.

Manfaat Memiliki Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi

Kepemilikan surat perizinan juga memberi banyak manfaat bagi pengusaha dan perusahaan terkait. Hal ini tentu dapat membantu pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya untuk semakin melangkah kedepan. Adapun beberapa kelebihan yang akan didapat antara lain:

1. Adanya Keterangan dan Jaminan Hukum

Pelaku usaha sangat diwajibkan untuk mengurus surat izin usaha, hal ini karena memang dengan perizinan itu pengusaha dapat bergerak sesuai peraturan yang berlaku. Adanya jaminan bagi perusahaan terkait hukum, menjadikannya akan lebih aman dan nyaman melakukan kegiatan.

Surat izin usaha jasa konstruksi (IUJK) juga akan menjadi keterangan yang resmi, apabila pihak lain atau perusahaan melakukan pelanggaran. Oleh sebab itu, ketahanan bisnis sangat dipengaruhi dengan adanya keterangan perundang-undangan yang sah tersebut.

2. Dapat Ikut Tender

Pelaku usaha jasa konstruksi yang tidak memiliki keterangan terkait surat izin resmi, tidak dapat ikut tender sama sekali. Hal ini tentu sangat merugikan bagi pengusaha, yang mana dari tender itulah adanya kemungkinan peluang proyek bisnis besar dihasilkan.

Berbagai instansi yang melakukan tender dengan peluang penghasilan tinggi, tidak dapat diikuti oleh perusahaan ilegal. Adapun hal ini juga dimaksudkan agar perusahaan yang mengikuti program memiliki kualitas serta dapat dipercaya dalam proses pelaksanaan kegiatan proyek.

3. Keringanan Mengurus Pajak

Pelaku usaha jasa konstruksi yang memiliki IUJK, tentunya akan mendapat keringanan dalam pembayaran pajak, yang mana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2018 mengenai “pengurangan biaya perpajakan bagi pemilik SBU”.

Hal ini karena pengusaha yang memiliki perizinan IUJK pastinya juga memiliki keterangan SBU (Sertifikasi Badan Usaha). Seperti yang diketahui semakin besar bisnisnya tentu juga akan meningkatkan biaya perpajakan, oleh itu perusahaan diwajibkan untuk mengurus surat tersebut.

 

Demikian sedikit ulasan pengertian surat izin usaha jasa konstruksi (SIUJK) yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat berguna bagi bisnis yang Anda kembangkan.