Makanan · May 11, 2021

Resep Camilan dari Singkong yang Beraneka Ragam dan Enak

Singkong selain jadi pengganti nasi dikukus ternyata singkong bisa menjadi berbagai camilan. Resep camilan dari singkong sangatlah mudah dan beraneka ragam.

Singkong ialah salah satu makanan yang dijadikan pengganti nasi dan populer sekali di Indonesia. Disini, singkong diolah sudah sejak lama. Singkong tumbuh di berbagai negara tropis seperti Kawasan Asia, Afrika dan Amerika Selatan.

Resep Camilan dari Singkong yang Beraneka Ragam dan Enak

Resep Camilan dari Singkong

1. Tiwul

Salah satu olahan singkong yang pertama ialah tiwul. Tiwul berasal dari daerah Gunungkidul dan dibuat dari tepung gaplek. Gaplek ialah singkong yang sudah dikeringkan kemudian ditumbuk.

Tiwul memiliki cita rasa yang manis dari singkong dan warnanya kecoklatan. Biasanya tiwul disajikan untuk dinikmati sebagai pengganti nasi. Namun tak hanya di Gunungkidul ternyata masyarakat Wonogiri, Wonosobo, Blitar dan Pacitan mengkonsumsi tiwul.

Resep Camilan dari Singkong yang Beraneka Ragam dan Enak

2. Timus

Makanan olahan singkong lanjutnya ialah timus. Timus dibuat dengan bahan dasar singkong parut serta kelapa parut yang sudah diparut dengan mesin parut kelapa. Timus rasanya manis dan warnanya merah kecoklatan yang asal warnanya dari gula merah yang sudah diaduk bersama adonan dan menyatu saat dikukus.

3. Combro/Misro

Olahan singkong selanjutnya ialah combro atau kepanjangannya oncom dijero yang artinya oncom didalam. Combro makanan yang berasal dari Jawa Barat. Combro dibuat dari parutan singkong kasar yang kemudian diberi isian dengan oncom yang didalamnya dan selanjutnya digoreng. Jika combro diberi isian oncom namun beda dengan misro berisi gula merah.

4. Gethuk

Gethuk merupakan makanan khas daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, memiliki rasa manis dan dibuat dari singkong direbus kemudian ditumbuk sampai halus. Lalu gethuk diberi sedikit taburan kelapa parut.

5. Sawut Singkong

Lalu olahan singkong yang satu ini saat ini jarang terlihat. Kue sawut ialah salah satu makanan dari Jawa Tengah yang dibuat dari singkong parut kasar sebagai bahan dasarnya. Nah dari parutan kasar singkong inilah maka menghasilkan tekstur sawut atau serabut. Sawut singkong biasanya akan disajikan dengan parutan kelapa diatasnya.

6. Tape

Lalu selanjutnya yaitu tape, namun untuk masyarakat Sunda disebut peuyeum. Tapi dibuat dari singkong yang sudah difermentasi. Nah tape dibuat menggunakan ragi sebagai bahan fermentasinya supaya menghasilkan tekstur singkong yang lebih lunak dan cita rasanya manis dan agak asam.

7. Lemet

Olahan singkong lemet dibuat dari bahan parutan singkong, beserta kelapa dan gula pada proses pembuatannya. Lemet teksturnya kenyal dengan rasa perpaduan manis yang asalnya dari gula merah. Bentuk dari lemet seperti lontong yang dibungkus daun pisang tanpa disematkan lidi.

8. Cenil

Cenil ialah olahan yang dibuat dari pati singkong. Bentuk cenil ialah bulat bulat kecil atau kotak lalu diberi warna makanan sesuai selera sebelum direbus sampai matang. Lalu biasanya cenil disajikan dengan parutan kelapa dan disiram dengan gula merah cair.

9. Keripik Singkong

Nah olahan singkong ini sangatlah fenomenal dan sangat banyak digemari berbagai kalangan. Camilan ini ialah keripik singkong. Keripik singkong dibuat dari singkong yang sudah diiris tipis sangatlah tipis dengan mesin keripik singkong lalu digoreng dan kemudian diberi bumbu sesuai selera anda.

 

Demikian pembahasan mengenai resep camilan dari singkong yang beraneka ragam dan enak. Semoga bermanfaat ya.