Auto Draft

Saat mengikuti rekrutmen pada suatu perusahaan, Anda tentu harus menyelesaikan beberapa tahap sebelum akhirnya diterima. Mulai dari tahap lamaran dengan seleksi CV hingga wawancara kerja. Dikarenakan harus tatap muka, banyak orang membutuhkan tips interview.

Salah satu tips interview yang wajib untuk dipelajari adalah mengenali tipe-tipe interviewer pada umumnya. Hal ini dikarenakan setiap tipe interviewer memiliki karakter dan pembawaan berbeda, sehingga perlu menyesuaikan diri saat menjawab pertanyaannya. Berikut penjelasannya.

Auto Draft

Pewawancara Tipe Friendly

Kandidat pasti akan merasa bahwa yang mewawancarai adalah teman walaupun baru sebentar bertemu. Hal ini dikarenakan karakternya ramah, mudah tersenyum, dan penuh semangat. Interviewer tipe ini biasanya masih cukup muda sehingga suasana terasa lebih santai.

Suasana lebih rileks dan santai ini terkadang bisa menggambarkan bahwa budaya kerja perusahaan yang dilamar tidak bersifat kaku. Sayangnya, pewawancara tipe friendly sering melontarkan pertanyaan bersifat personal, sehingga diperlukan tips interview untuk dalam menjawabnya.

Pewawancara Tipe Pemerhati

Berbeda dengan pewawancara tipe friendly yang terkesan sangat antusias hingga bertanya tentang hal sedikit personal, tipe pemerhati terkesan lebih diam. Interviewer ini biasanya melontarkan pertanyaan ringan sehingga kandidat tidak perlu merasa khawatir berlebihan untuk menjawabnya.

Seperti namanya, semua hal akan diperhatikan dengan baik. Pewawancara tipe pemerhati terkesan lebih diam bukan berarti hanya fokus mendengarkan jawaban. Hal ini dikarenakan interviewer tipe ini juga melakukan perhatian lebih terhadap gestur, ekspresi, bahkan penampilan kandidat.

Pewawancara Tipe Penyelidik

Tipe pewawancara yang satu ini sangat senang memberikan pertanyaan yang berbobot pada kandidat dan terkesan seperti seorang penyelidik dalam interogasi. Menjawab pertanyaan dari interviewer tpe ini haruslah serius dengan jawaban on point dan tidak bertele-tele.

Saat menghadapi pewawancara tipe penyelidik, kandidat harus tetap tenang agar dapat menjawab segala pertanyaan dengan baik. Walaupun terkesan penuh tekanan, tetaplah menggunakan kepala dingin dan jika pertanyaan terlalu sulit, gunakan sedikit jeda untuk berpikir sejenak.

 

Demikian penjelasan mengenai tipe-tipe interviewer pada umumnya yang perlu dikenali sebelum mengikuti interview dalam waktu dekat. Perbanyaklah mempelajari tips interview lainnya. Semoga dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri.

By humas