Auto Draft

Hari ini kita akan membahas beberapa tips yang tentunya masih seputar olah vokal. Pernah tidak kalian kesulitan menyamakan nada vokal dengan nada musik? Yang main musik di mana, kalian masuk nyanyi di nada yang jauh berbeda. Atau pernah tidak liat orang yang nyanyinya begitu?

Fals atau pitchy itu bisa terjadi karena beberapa faktor, entah karena jarang latihan vokal, pemilihan nada dasar yang salah atau emang udah “bakat alami”. Tapi kali ini kamu akan kami ajak untuk mencoba melatih diri dengan tips-tips mengatasi buta nada agar mengetahui hal yang Takterlihat dari olah vokal.

Auto Draft

1. Sering latihan olah vokal

Berlatih, berlatih dan berlatih adalah kunci dari skill yang mumpuni. Percaya atau tidak, sebagian besar orang akan bisa jadi jago dengan berlatih. Takterlihat Ketika mereka yang jago nyanyi itu berlatih terus. Bahkan orang-orang dengan bakat alami dalam bernyanyi pun bisa kalah dengan orang yang rutin berlatih. Usahakan untuk melatih dan mengolah kemampuan vokalmu dengan bernyanyi setiap hari. Jangan lupa direkam lalu didengarkan ulang, supaya kamu tau di mana letak falsnya!

2. Rileks saat bernyanyi

Kesalahan pengambilan nada kadang terjadi karena tidak santai atau belum rileks saat bernyanyi. Bernyanyi adalah hal yang menyenangkan, jadi nikmatin aja prosesnya dan santai aja. Seringkali kita mengalami fals bukan karena kita tidak jago nyanyi tapi karena kita nyanyi dalam keadaan tegang atau nervous. Santai saja dan nikmati nyanyianmu.

3. Tentukan nada dasarmu

Pahami diri sendiri dengan mulai dari memahami range atau jangkauan vokal kamu sampe mana. Kita tidak perlu memaksakan diri untuk mencapai nada tinggi kalo emang karakter suara kita belum memadai untuk ke nada tinggi.

Maka ketika akan bernyanyi, tentukan dulu nada dasar yang sesuai dengan jangkauan vokalmu dan bernyanyilah sesuai dengan jangkauan atau range vokal itu. Dijamin pasti tidak akan fals.

4. Melatih pernapasan

Latihan pernafasan adalah salah satu cara untuk mengatasi fals dan buta nada. Kok bisa? karena terkadang untuk mencapai nada tertentu, kita belum berhasil karena nafas kita keburu habis. Makanya kita perlu belajar latihan pernapasan supaya kekuatan vokal kita bisa mencapai nada yang kita inginkan secara maksimal.

5. Belajar teknik vokal

Belajar teknik vokal itu berpengaruh banget untuk mengatasi fals dan buta nada.. Contoh mudahnya, kalo mau ambil nada tinggi tapi kesulitan, dengan teknik vokal falsetto, kamu pasti bisa sampe di nada itu. Banyak teknik vokal yang bisa pelajari supaya selamat dari fals dan buta nada.

6. Belajar bermain alat musik

Belajar bermusik juga ngebantu banget untuk kamu yang ngerasa kesulitan bernyanyi dengan nada yang pas. Mulai dengan memilih gitar atau piano dan memainkan nada di alat musik itu satu per satu sambil mencocokkan suara kamu dengan suara alat musiknya. Semakin sering dilakukan, kamu bakal semakin ahli menyesuaikan suara dengan alat musik.

7. Berlatih mendengar

Hampir sama kayak poin nomor satu di atas, berlatih mendengar tuh perlu banget! Walaupun Takterlihat penting, kamu harus banyak dengerin lagu-lagu dengan berbagai range dan karakter vokal yang berbeda. Kita ambil contoh, band progressive metal dari Amerika, Dream Theater.

James LaBrie, sang vokalis, punya range vokal yang luas banget jangkauannya. Kamu perlu banget denger-dengerin banyak referensi dan coba ikut nyanyi. Seperti yang udah disebutin diatas tadi, merekam suara nyanyian kita sendiri juga termasuk latihan mendengar. Karena kita cenderung tidak tau kalo kita fals pas kita lagi nyanyi, tapi baru kerasa kalo kita dengerin ulang. Jadi latihan mendengar ini bisa jadi jalan keluar kalau readers rajin.

 

Dari berbagai tips di atas, kamu pasti punya cara tersendiri untuk mengatasi buta nada. Apapun itu, lakukan saja selama kamu nyaman dengan cara kamu sendiri. Pada akhirnya, kerja keras akan bikin kamu sukses walau dengan cara kamu sendiri yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain. Semoga artikel kali ini bermanfaat! Nantikan terus artikel kami berikutnya.

By humas

Related Post