Uncategorized · August 16, 2021

Tips Lulus Ujian Nasional dengan Nilai yang Memuaskan

Hai kawan semua, kali ini saya mau berbagi sebuah artikel bermanfaat untuk kalian semua nih. Berhubung banyak adik-adik yang sedang bersiap untuk menghadapi UN, maka ada baiknya untuk membaca beberapa tips dari saya agar adik-adik semua bisa memperoleh hasil yang memuaskan.

Ujian Nasional atau UN adalah ujian yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia yang dibagi menjadi 3 jenjang yaitu SD, SMP, dan SMA. Nah event yang dilaksanakan setiap tahun ini dibuat untuk mengetahui seberapa berkualitaskah mutu pendidikan antar daerah satu dengan yang lainnya karena sekarang nilai UN tidak lagi dijadikan sebagai penentu kelulusan siswa.

Namun walau begitu, masih banyak siswa yang panik dan cemas dalam menghadapi event tahunan tersebut. Untuk itu, kali ini saya mau berbagi kepada adik-adik semua mengenai tips lulus ujian nasional dengan nilai yang memuaskan.

Auto Draft

1. Belajar dengan Optimal

Belajar memang menjadi makanan wajib bagi semua orang tidak hanya pelajar saja. Dengan belajar seseorang menjadi mengerti sesuatu, dari yang awalnya tabu menjadi semakin tahu. Nah belajar seperti apa sih yang harus dilakukan untuk menghadapi UN?

Belajar yang efektif!. Ya belajar dengan efektif akan membuat adik-adik semua menjadi nyaman dalam mempelajari materi-materi yang diujikan. Maksud belajar efektif disini bukan belajar secara terus menerus dan secara otodidak. Belajar efektif disini maksudnya adalah belajar dalam waktu yang pas dan ilmu yang dipelajari bisa terserap semua. Masih nggak paham? Berikut saya jelaskan lagi.

Jadi, belajar tidak perlu dilakukan secara membabi buta sekali langsung banyak, jangan!! Hal itu malah membuang waktu adik-adik semua karena sudah pasti ilmu yang akan adik dapat paling hanya beberapa persen saja.

Berbeda dengan belajar optimal yaitu belajar dengan waktu yang tidak terlalu lama namun dilakukan secara continue atau berlanjut. Hal ini lebih efektif karena tubuh kita akan lebih nyaman menerima semua materi yang ada dan kita juga mudah dalam memahaminya.

Untuk itu, mulailah belajar dengan Optimal, atur waktu adik semua dan jangan menyia nyiakan waktu.

 

2. Siapkan Fisik dan Mental

Belajar saja tidak cukup untuk bisa memperoleh hasil yang memuaskan, ada yang namanya persiapan fisik dan mental. Kebanyakan kita temui banyak siswa yang tidak siap fisik dan mental ketika menghadapi UN, hal ini karena anggapan mereka bahwa UN adalah penentu kelulusan mereka, tapi sekarang hal itu berbeda sob, sekarang UN tidak lagi dijadikan tolak ukur kelulusan, jadi adik-adik semua bisa sedikit bernafas lega.

Nah sekarang bagaimana cara mengatasi kecemasan-kecemasan menjelang UN tersebut? Tapi sebelum saya jawab pertanyaan tersebut, kita lihat dulu dampak yang timbul dari kecemasan itu sendiri, antara lain yaitu kesehatan terganggu.

Hal ini wajar karena jika seseorang memikirkan sesuatu hal dengan berlebihan maka akan berakibat pada kesehatan tubuhnya, saran saya hilangkanlah rasa cemas yang mengganggu adik-adik semua dan selalu jaga kesehatan dengan mengatur pola makan.

 

3. Berdoa dan bertawakal

Setelah semua persiapan sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka hal terakhir yang harus adik-adik lakukan adalah berdoa kepada Tuhan agar diberi kelancaran dalam mengerjakan soal UN serta dibukakan pikirannya. Pendekatan dengan Tuhan seperti ini mampu membuat hati setiap orang menjadi damai dan akan menimbulkan efek yang baik pula bagi orang tersebut. 

Selain melakukan usaha dan berdoa anda juga perlu bertawakal atau berserah diri/menyerahkan semuanya kepada Allah swt.

Nah itu saja tips dari saya agar lulus Ujian Nasional dengan nilai yang memuaskan, semoga apa yang adik-adik semua cita-citakan bisa terwujud ya.

 

Baca juga : Visi Misi Ketua Osis