Bisnis · July 5, 2021

Usaha Kecil dan Menengah Sebaiknya Mendirikan PT

Salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan sektor UMKM adalah dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2016 yang membahas Perubahan Modal Dasar Perseroan Terbatas. Diharapkan dengan adanya peraturan pemerintah tersebut, dapat mencetak pengusaha-pengusaha baru di tanah air.

Di Indonesia ada banyak UMKM yang menggunakan badan usaha seperti UD, CV, dan Firma. Dan ini semua jauh lebih banyak ketimbang PT. Hal ini dapat dimaklumi karena bagaimanapun pendirian badan usaha seperti UD, Frima, dan CV lebih murah ketimbang mendirikan PT.

Untuk pengurusan PT dapat menelan biaya 10 juta rupiah dan itu semua dianggarkan hanya untuk PNBP, jasa notaris dan untuk keperluan lainnya. Karena biaya yang besar inilah banyak orang yang enggan untuk mendirikan badan usaha berbentuk PT. Padahal mendirikan PT ada banyak manfaat dan menghindari resiko hukum yang mungkin dapat terjadi.

Usaha Kecil dan Menengah Sebaiknya Mendirikan PT

Hal yang perlu diperhatikan adalah badan hukum terpisah dengan pemilik badan hukum. Dengan demikian maka apa yang dimiliki oleh pendiri badan hukum bukanlah bagian dari aset badan hukum. Hal yang sama otomatis juga terjadi dengan sebaliknya.

PT lebih direkomendasikan ketimbang badan hukum lainnya karena dengan PT maka akan lebih mudah untuk dikembangkan kedepannya. Selain itu PT dapat mengikuti tender dan dapat memasuki kegiatan ekspor dan impor.

Beberapa unit usaha diharuskan untuk mempunyai badan hukum PT sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang. Beberapa sektor usaha yang wajib memiliki badan hukum adalah bank, rumah sakit, penyelenggara outsourcing dan lainnya

Sebuah PT akan dapat lebih mudah mendapatkan suntikan modal karena PT akan lebih dipercaya oleh kreditor. Modal juga bisa didapatkan dengan menerbitkan saham. Dengan saham yang terjual ini nantinya usaha dapat berkembang menjadi lebih baik lagi karena mendapatkan modal.

Dengan skema seperti ini pihak yang diuntungkan adalah investor selaku pemegang saham dan juga perusahaan yang mendapatkan modal untuk mengembangkan usahanya. Proses penggunaan jasa pendirian pt juga terbilang cukup mudah karena hanya membutuhkan waktu hanya sekitar 7 hari kerja saja.